Cara Mudah Melengkapi Blog dengan Kuis

Jika diperlukan, kuis online bisa ditambahkan kedalam blog, khususnya untuk blog pembelajaran. Penempatannya bergantung kepada kebutuhan. Bisa diletakkan pada halaman-halaman tersendiri untuk tujuan latihan maupun ujian online, maupun di bagian akhir posting sebagai evaluasi.

Layanan online untuk menciptakan kuis banyak tersedia di internet, namun mungkin prioritas pilihan umumnya dijatuhkan pada layanan yang bersifat cuma-cuma alias gratis, seperti yang akan saya bahas dalam tulisan ini. Salah satu tempat yang cukup nyaman untuk membuat kuis online adalah Quizbox.

Quizbox.com
Homepage quizbox.com
Proses pembuatannya sangat mudah dan sederhana, cukup menentukan struktur kuis sebagai berikut:

  1. Berapa banyak pertanyaan atau soal yang ingin dibuat (maksimalnya 10 item soal)
  2. Berapa banyak opsi pilihan untuk setiap soal (umumnya 5 opsi jawaban)
  3. Judul kuis, misalnya Latihan 1, Latihan 2 dsb.
  4. Link yang akan membawa pengguna setelah penskoran. Artinya begini, setelah seluruh soal dijawab dan diketahui skor hasil, penjawab soal (siswa) akan dibawa kemana. Sebagai contoh, saya telah memyiapkan sebuah halaman khusus yang berisi daftar latihan soal. Pengguna bisa memilih soal latihan dari sini. Nah, mereka akan dibawa kembali ke halaman ini pula setelah penskoran. 

Setelah struktur kuis ditentukan, saatnya menyusun pertanyaan dengan cara mengisi form berikut:

Menyusun soal
Contoh Menyusun Pertanyaan atau Soal
Sebagai contoh, berikan skor 10 untuk kunci jawaban, dan skor 0 untuk bukan kunci jawaban. Lanjutkan penulisan soal hingga selesai.

Menentukan URL setelah penskoran
Contoh Menentukan URL setelah Penskoran
Berikan keterangan seperlunya, serta URL yang akan membawa pengguna menuju ke halaman web tersebut setelah penskoran. Dan juga ganti teks tombol dengan bahasa yang sesuai.

Jika menghendaki kode sumber HTML kuis terkirim ke alamat email, pilih opsi "Email me the HTML source", setelah itu klik tombol Continue.

Kode Sumber HTML untuk Kuis
Kode Sumber HTML untuk Kuis
Masukkan alamat email pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Sendi the source. Maka kode akan terkirim ke alamat email yang anda berikan. Ini berguna jika Anda bermaksud menyimpan kode tersebut sebagai arsip.

Untuk memuat kuis kedalam blog, siapkan terlebih dahulu halaman baru untuk kuis tersebut dan pastikan editor halaman itu dalam modus HTML. Klik tombol Copy to clipboard, dan kemudian paste kedalam halaman tersebut. Untuk melihat hasilnya, silahkan publikasikan halaman tersebut.

Lihat contohnya disini

Komentar

Postingan Populer