BAB 4 (PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA)
ram
pengolah kata banyak jenisnya, misal: Microsoft Word Wordpad, Notepad,
Latex dan Open Office Writer, dan masih banyak lagi. Dalam materi ini
akan dibahas tentang Microsoft Word 2007.
Microsoft Word merupakan aplikasi program pengolah kata yang
dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft yang mempunyai beberapa fungsi.
Antara lain membuat surat menyurat, membuat karya tulis, skripsi dan
lain-lain. Keunggulannya adalah mudah dalam pengoprasian, mudah
memanajemen file dan fasilitas autorecovery bila terjadi padam listrik,
kualitas baik dan bagus dalam percetakan, WYSIWYG (What You See Is What You Get), yaitu
apa yang dilihat di monito akan sam dengan hasil cetakan. Selain itu
Microsoft Word juga dapat melakukan pengiriman e-mail dan fax langsung
terhubung dengan internet, mampu menyisipkan gambar dan grafik ataupun
objek lainnya yang membuat naskah terlihat lebih menarik, serta memiliki
kemampuan menyimpan file dalam bentuk web.
Dengan menggunakan perangkat ini pekerjaan pengolah kata yang
akan kita lakukan akan lebih cepat dan mudah sehingga dapat menghemat
waktu dan tenaga. Ayo kita perdalam ilmu dengan mempelajari microsoft
word. Tekunlah kamu belajar agarkamu menjadi orang yang terampil.
A. Memulai Microsof Word 2007
Untuk memulai menggunakan program pengolah kata Microsoft Word 2007 langkah-langkahnya adalah:
1. Klik Start pada Taskbar,
2. Pilih All Program,
3. Pilih Microsoft Office,
4. Klik Microsoft Office Word 2007.
Cara
lain untuk mengaktifakan program pengolah kata Microsoft Word 2007
adalah dengan double klik ikon shortcut Microsoft Office Word 2007 yang
terdapat pada desktop.
Setelah
kita klik Microsoft Word 2007 maka CPU akan memproses perintah yang
kita berikan untuk membuka program Microsoft Word 2007.Sebagai tanda
bahwa CPU telah melaksanakan perintah yang kita berikan pada desktop
akan ditampilkan jendela program Microsoft Word.
Bagian-bagian Microsoft Word
- Title Bar
Title Bar (baris judul) berisi informasi atau nama dokumen yang sedang dijalankan pada program Microsoft word 2007. - Office Button
Merupakan tombol untuk mengaktifkan berbagai macam menu perintah. - Quick Access ToolbarBerisi tentang tombol-tombol menu yang digunakan uintuk memoercepat perintah dalam pengerjaan dokumen. Tombol-tombol pada Quick Access Toolbar merupakan shortcut dari perintah yang ada di Office Button.
- Option BarMerupakan deretan ikon untuk mengatur jendela program. Ikon pada Option Bar adalah :
a. Minimize: untuk menyembunyikan jendela program pada Taksbar.
b. Maximize/Restore: memaksimalkan ukuran jendela atau pengembalian ukuran jendela pada tampilan awal.
c. Close: untuk menutup jendela program. - Tab Menu dan Ribbon (Ribbon Menu)Merupakan tempat menu-menu perintah yang digunakan untuk mengedit dokumen Ribbon Menu terdiri atas Menu Bar dan Toolbars. Baris Menu ini berisi tentang barisan perintah menu. yaitu menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Sedangkan Toolbars berisi tombol perintah menu yang merupakan isi dan menu-menu perintah dalam menu bar. Tampilan Menu Bar berubah ubah tergantung menu yang diaktifkan. Toolbars ini dikelompokkan ke dalam Ribbon.
- Dokumen AreaTerletak di tengah jendela berupa area putih seperti kertas kosong yang siap untuk ditulisi. daerah ini berfungsi untuk tempat mengetik dan mengedit dokumen.
- Kursor
Merupakan garis tegak berkedip. Semua karakter yang diketik akan muncul dari kursor ini. - Scroll BarBerfungsi untuk menggeser layar dokumen kerja ke kiri atau ke kanan, gunakan Horozontal Scroll Bar sedangkan jika untuk menggeser layar dokumen kerja ke atas dan ke bawah, gunakan Vertikal Scroll Bar.
- Status BarMenampilkan informasi tentang posisi kursor, jumlah halaman, jumlah kata, serta informasi lain tentang dokumen yang sedang dikerjakan.
B. Fungsi dan Menu Ikon Microsof Word 20071. Office ButtonOffice Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :NamaFungsiNewNew adalah pilihan untuk membuat dokumen baru.OpenOpen adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.SaveSave adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.Save AsSave As adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama yang berbeda.PrintPrint adalah pilihan untuk mencetak dokumen.PreparePrepare adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.SendSend adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet Faximile.PublishPublish adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen managemen server.CloseClose adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.2. Tab Menu Insertberisi perintah untuk menyisipkanobjek pada dokumen seperti gambar, table, grafik, dsb.a. TablesNamaFungsiPivot TableMeringkas data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart Pivot.TableUntuk membuat tabel.b.IlustrationsNamaFungsiPictureMenyisipkan gambar.Clip ArtMenyisipkan gambar Clip Art.ShapesMenyisipkan bentuk-bentuk dasar.SmartArtMenyisipkan grafik SmartArt.c. ChartsNamaFungsiColumnMenyisipkan grafik batang.LineMenyisipkan grafik garis.PieMenyisipkan grafik pie.BarMenyisipkan grafik dalam bentuk mendatar.AreaMenyisipkan grafik area.ScatterMenyisipkan grafik scatter (menyebar).Other ChartsPilihan grafik yang lain.d. Linkse.TextNamaFungsiText BoxMenambah text box (kotak teks).Header & FooterMenambah header dan footer dokumen.Word ArtMenambah tulisan artistik WordArt.Signature LineMenambah garis tanda tangan.ObjectMenambah objek Microsoft Office.SymbolMenambah simbol-simbol.3. Tab Menu HomeMenu Home berisi operasi standar pada pengolahan data Ms Excel, seperti menyalin data, mengatur huruf, perataan teks, dan lain sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu Home adalah :a. ClipboardNamaFungsiPasteMenampilkan data hasil Cut atau CopyCutMemindahkan data dengan cara dipotongCopyMenyalin dataFormat PointerMenyalin format data dan mengaplikasikan pada data yang lain.b. FontNamaFungsiFontMengatur pilihan jenis hurufFont sizeMengatur pilihan ukuran hurufBoldMembuat cetakan huruf tebalItalicMembuat cetakan huruf miringUnderlineMembuat cetakan huruf garis bawahIncrease Font sizeMenambah ukuran hurufDecrease Font sizeMengurangi ukuran hurufBorderMenambah bingkai pada tabelFill colorMemberi warna pada tabelFont colorMemberi warna pada hurufc. AlignmentNamaFungsiTop AlignMengatur posisi teks berada di atasMiddle AlignMengatur posisi teks berada di tengahButton AlignMengatur posisi teks berada di bawahOrientationMengatur posisi teks dengan posisi menurun atau miring.Align Text LeftMengatur paragraf rata kiriAlign Text CenterMengatur paragraf rata tengahAlign Text RightMengatur paragraf rata kananDecrease IndentMengatur teks menjorok keluarIncrease IndentMengatur teks menjorok ke dalamWrap TextMenampilkan data dalam satu sell dengan tampilan beberapa barisMerge & CenterMenggabungkan dua sell atau lebihd. NumberNamaFungsiNumber formatMengatur format angkaAccounting number formatMengatur format angka dalam laporan keuanganPercent styleMenambah simbol persen (%)Comma styleMenambah simbol koma (,)Increase decimalMenampilkan desimal secara lebih sederhanaDecrease decimalMenambah angka desimale. StylesNamaFungsiConditional formattingMengatur format dengan kondisi tertentuFormat as tableMengatur format tabelCell styleMengatur style cellf. CellsNamaFungsiInsertMenambah sellDeleteMenghapus sellFormatMengatur sellg. EditingNamaFungsiSumBantuan penggunaan fungsi ExcelFillMeneruskan pola urutan angkaClearMenghapus segala sesuatu yang ada di dalam sell terpilihSort & filterMengatur data sehingga lebih mudah untuk menganalisisFind & selectMencari dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam workbook.4. Page Layouta. ThemesNamaFungsiThemesMengatur tema dokumen.ColorMengatur warna pada tema.FontMengatur huruf pada tema.EffectMengubah efek untuk tema.b. Page SetupNamaFungsiMarginMengatur batas tepi dokumen.OrientationMengatur posisi dokumen.SizeMengatur pilihan ukuran dokumen.Print AreaMenentukan lokasi yang akan dicetak.BreaksMemberi jarak dokumen.BackgroundMengatur latar dokumen.Print TilesMenentukan baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.c. Scale to FitNamaFungsiWidthMenentukan lebar dokumen ketika dicetak.HeigthMenentukan panjang dokumen ketika dicetak.ScaleMenentukan skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.d. Sheet OptionsNamaFungsiGridlinesMengatur garis grid nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.HeadingMengatur heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.C. Mengatur Tampilan Microsof Word 20071. Mengatur Tampilan MenuKadang kala tampilan lembar kerja kita terlihat terlalu sempit,mungkin karena monitor yang kurang lebar,ditambah lagi daftar menu-menu/Ribbon yang ada di office 2007 yang sedikit menyita tempat pula.Untuk mengatasi itu,kita dapat menghilangkan tampilan daftar menu-menu/ribbon tersebut agar lembar kerja terlihat lebih luas.Langkah-langkahnya sbb :a. Aktifkan Microsoft Office Word 2007,b. Klik kanan pada daftar menu-menu,(boleh di mana saja asal masih di area daftar menu),c. Kemudian pilih dan klik “Minimize the ribbon”d. Maka menu-menu yang ada tidak akan terlihat lagi. Menu-menu tersebut akan hilang tetapi hanya di Minimize atau di-hide. Untuk menampilkan menu-menunya lagi cukup klik salah satu menu yang ada,misalnya menu insert,setelah menu diklik, maka secara otomatis menu-menu yang ada di menu insert akan terlihat.Dan otomatis akan hilang pada saat kita klik kembali di area lembar kerja. Klik kembali salah satu menu yang ada untuk menampilkan kembali.a. Untuk mengembalikannya seperti semula, cukup klik kanan kembali di area daftar menu seperti dilangkah ke-2, kemudian hilangkan check list yang ada di “Minimize the ribbon” maka menu-menu yang tadinya tidak tampil akan ditampilkan kembali seperti semulab. Untuk cara tercepat,cukup tekan saja tombol Ctrl+F1 untuk menyembunyikan dan menampilkan menu ribbon tersebut.2. Mengatur Tampilan IkonIkon-ikon yang sering kita gunakan dapat ditampilkan pada Quick Access Toolbar sehingga lebih mudah penggunaannya.Untuk mengatur ikon apa saja yang ditampilkan caranya :a. Klik opsi pada Quick Access Toolbar,b. Pilih ikon yang akan ditampilkan dengan cara daftar ikon,c. Untuk memilih ikon lain klik More Commands,d. Pilih letak ikon berasal,missal pada menu Home.Pilih ikon dengan cara klik ikon,kemudian klik add terakhir klik OK,e. Ikon yang dipilih telah ditambahkan pada Quick Access.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar