Cara Membuat Sabun Colek

Sabun cream sering juga disebut sabun colek. Walaupun banyak orang telah beralih ke sabun lain untuk cuci piring dan cuci baju, tapi sabun cream masih banyak peminatnya. Sabun ini merupakan sabun yang multi guna. Bisa dipakai untuk membersihkan semua keperluan di rumah, cuci piring, cuci baju, atau pun untuk cuci mobil. Di daerah perkotaan sabun ini kurang banyak peminatnya.
sabun colek
Di Indonesia sabun colek masih tinggi permintaannya, karena banyak orang desa memakai sabun colek ini untuk berbagai keperluan cuci baju, cuci piring, bahkan ada juga yang digunakan untuk mandi membersihkan badan dan keramas (cuci rambut).Sebenarnya sabun colek diproduksi bukan untuk keperluan mencuci badan tapi karena daya bersihnya kuat jadi mereka merasa nyaman memakainya. sabun colek sebaiknya tidak dipakai untuk cuci badan (mandi), dan cuci rambut (keramas) karena bisa membuat kulit dan rambut kita kering. Sabun colek memiliki banyak manfa’at dan bahan yang digunakan untuk membuatnya mudah didapat serta pembuatannya yang mudah dan cepat.
Keunggulan Sabun Colek:
  • Membuat sendiri lebih murah.
  • Kekentalan sabun bisa kita atur
  • Kental, wangi
  • Tanpa peralatan khusus
  • Bisa untuk mencuci piring dan mencuci baju

BAHAN MEMBUAT SABUN COLEK SEDERHANA :

  1. Marlon 200 gr
  2. CMC 25 gr
  3. Soda ASH 50 gr
  4. STTP 50 gr
  5. Caustik soda 15 gr
  6. OBA/pemutih 15 gr
  7. Air Bersih 1,5 liter
  8. Kesumba warna secukupnya
  9. Bibit minyak wangi 5 cc
  10. Water glass 100 gr

CARA MEMBUAT SABUN COLEK RAMAH LINGKUNGAN

  1. Masukkan coustik soda dalam 1,5 liter air bersih hangat dilarutkan dan diadukmerata dalam ember plastik 1.
  2. Masukkan STTP sedikit demi sedikit kedalam ember 1 tersebut diaduk merata. Masukkan soda ASH dan OBA sedikit-sedikit dan dilarutkan.
  3. Ember 2 masukkan Marlon dan CMC diaduk hingga merata
  4. Larutan ember 1 dimasukkan kedalam ember 2 diaduk hingga merata
  5. Bahan 8,9,10 dimasukkan kedalam campuran di atas.
  6. jadilah sabun siap pakai
Nah bagaimana, mudah bukan? semoga dengan panduan cara membuat sabun colek yang mudah di atas bisa memberikan anda sedikit wawasan serta menjadi referensi, selanjutnya silakan mencoba dirumah.

Komentar

Postingan Populer