WELCOME TO !TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Minggu, 01 Desember 2019

CONTOH SOAL PKWU KLS 12 SEM 1


1. Sebuah produk atau karya yang dibuat-buat oleh tangan-tangan trampil dan bukan menggunakan mesin-mesin industry adalah….
a. Pemasaran
b. Rekayasa
c. Budi daya
d. Pengolahan
e. Kerajinan
2. Pada umumnya, sebuah usaha apapun ingin mencapai keuntungan yang biasa disebut….
a. Loss
b. Income
c. Purchase
d. Profit
e. Sales
3. Mampu mendesain, membuat produk, serta pengemasan karya kerajinan hiasan pada pasar local merupakan dapat dinyatakan sebagai….
a. Produk wirausaha
b. Teknik wirausaha kerajinan limbah
c. Tujuan pembelajaran wirausaha
d. Proses wirausaha
e. Cara wirausaha kerajinan limbah
4. Berikut yang termasuk ke dalam biaya yang mendukung proses produksi kerajinan untuk pasar lokal, kecuali….
a. Membayar pembersihan limbah
b. Membeli bahan baku
c. Membayar gaji karyawan
d. Membeli peralatan
e. Membayar transport limbah
5. Peran kemasan pada umumnya dibatasi pada perlindungan produk, terutama pada hal-hal sebagai berikut, kecuali….
a. Warna
b. Ukuran
c. Promosi
d. Penampilan
e. Harga
6. Pendekatan untuk memperoleh ide produk hiasan adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Siapa calon pembeli dan bagaimana seleranya
b. Eksplorasi material untuk inovasi estetik baru
c. Pikirkan suatu tempat dan hiasan apa yang dibutuhkan di tempat itu
d. Membuat produk kemudian memasarkannya secara door to door
e. Berkunjung ke daerah lain dan melihat
7. Pengemasan suatu produk biasanya dilakukan oleh produsen untuk minat konsumen terhadap….
a. Penjualan barang
b. Pembelian barang
c. Return barang
d. Bentuk dan fungsi barang
e. Harga barang
8. Tahap akhir yang memegang peranan penting dalam usaha kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal adalah….
a. Alat dan bahan
b. Penyajian dan kemasan
c. Proses produksi
d. Langkah-langkah pembuatan
e. Sarana pemesanan
9. Dengan menentukan target pasar yang tepat, maka promosi produk kerajinan bangun datar akan lebih….
a. Efisien dan efektif
b. Stagnan
c. Menarik pesaing
d. Kurang dikenal
e. Susah terjual
10. Dapat menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri serta sikap kerja sama, gotong royon, bertoleransi, disiplin, tanggung jawab, kreatif dan inovatif dalam karya kerajinan hiasan merupakan…
a. Tujuan pembelajaran wirausaha
b. Sifat usaha
c. Tujuan bisnis kerajinan
d. Hasil wirausaha
e. Perilaku usahawan
11. Seorang konsumen akan mengetahui bahwa telah ada produk kerajinan unik yang menarik untuk mereka beli melalui sebuah….
a. Tata kelola adminstrasi
b. Karya kerajinan
c. Pemasaran produk
d. Hasil identifikasi
e. Produk yang mereka temukan
12. Melalui tahap yang benar dalam proses pambuatan suatu karya, maka secara otomatis akan menghasilkan karya kerajinan yang baik dari segi….
a. Kuantitas
b. Pemasaran
c. Kualitas
d. Target utama
e. Bahannya
13. Kemasan yang bagus adalah kemasan yang memiliki tiga bagian, yaitu….
a. Primer-sekunder-tersier
b. Sekunder-primer-tersier
c. Tersier-sekinder-primer
d. Tersier-primer-sekunder
e. Primer-teriser-sekunder
14. Jenis kemasan yang indentik dengan bahan kemas langsung mewadahi produk adalah kemasan….
a. Kuarter
b. Skunder
c. Primer
d. Tersier
e. Inferier
15. Perencanaan produk kerajinan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal dalam pemenuhan fungsinya, lebih menekankan pada pemenuhan fungsi pakai yang lebih bersifat….
a. Kimiawi
b. Nilai estetika
c. Fisiologis
d. Keunikan
e. Biologis
16. Berbagai kekurangan serta kelemahan selama proses pembuatan karya kerajinan dapat diketahui melalui….
a. Evaluasi
b. Produksi
c. Distribusi
d. Konsumsi
e. Konsinyasi
17. Pada dasarnya, produk kerajinan dibuat berdasarkan kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga pembuatnya dituntut memiliki….
a. Daya dukung
b. SDM yang mumpuni
c. Bentuk bentuk tertentu
d. Kreativitas tinggi
e. Modal yang besar
18. Pengembangan produk kerajinan hiasan untuk pasar lokal adalah….
a. Memproduksi produk kerajinan hiasan dari awal
b. Memproduksi produk kerajinan yang sudah ada dan dikembangkan menjadi produk lain
c. Memproduksi produk kerajinan hiasan
d. Produk kerajinan yang dibuat dan diperbanyak di pabrik modern
e. Produk kerajinan hiasan rumahan dikembangkan jadi produk pabrik
19. Resiko-resiko terjadinya kecelakaan diminimalisir dengan cara sebagai berikut,kecuali….
a. Munggunakan alat pelindung diri
b. Kerapian tempat kerja
c. Kewaspadaan penggunaan alat-alat kerja
d. Kedisiplinan pada peraturan keselamatan kerja
e. Berlaku sesuai dengan keinginan masing-masing
20. Berikut yang termasuk ke dalam proses riset pasar, kecuali riset….
a. Pengembangan produk
b. Bahan baku
c. Pekerja
d. Rancangan
e. Pemasaran
21. Berikut contoh hiasan eksterior, kecuali….
a. Lampu duduk
b. Miniatur patung
c. Pot bunga
d. Lampu taman
e. Tirai rumah
22. Bahan baku alami untuk kerajinan hiasan adalah….
a. Bekas diterjen
b. Koran bekas
c. Sisa kaca
d. Kulit jagung
e. Botol plastic
23. Contoh produk hiasan yang memiliki fungsi hias dan fungsi pakai adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Lukisan
b. Lampu hias
c. Gelang
d. Nomor rumah
e. Lonceng
24. Seni kerajinan tangan sering disebut sebagai….
a. Techigue
b. Hand-one
c. Inovation
d. Handmade
e. Weakness
25. Dalam wirausaha kerajinan diperlukan proses evaluasi, proses evaluasi dapat menggunakan ada di luar analisis yang digunakan adalah….
a. SWOT
b. Weakness
c. Opportunities
d. Strength
e. Threasts
26. Teknik yang digunakan dengan cara memberikan lem pada bagian yang akan disambungkan atau dikombinasikan….
a. Merekat
b. Konstruksi
c. Sambung
d. Potong
e. Menyulam
27. Berikut yang termasuk media promosi kerajinan yang berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar lokal, kecuali….
a. Pamflet
b. Brosur
c. Evaluasi
d. Iklan
e. Internet
28. Waktu yang saja dibutuhkan sebuah kemasan agar dapat mengubah cara pikir seseorang untuk memiliki ketertarikan tinggi terhadap sebuah produk, kecuali….
a. Sebulan penuh
b. Sekian detik
c. Satu hari
d. Satu jam
e. Satu menit
29. Gelombang ekonomi kreatif mencakup 14 sub sektor ekonomi kretif, Industri-industri yang termasuk ke dalam industry, kecuali….
a. Riset
b. Game
c. Pertanian
d. Fashion
e. Kerajinan
30. Strategi promosi sebagai sebuah strategi upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan utama….
a. Menarik calon konsumen
b. Membubarkan massa
c. Menarik calon produsen
d. Menghalau pengunjang
e. Mendatangkan pemasok
31. Hal-hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan sebuah inspirasi usaha disebut faktor….
a. Internal
b. Eksternal
c. Pengetahuan
d. Keuangan
e. Pribadi
32. Rangkaian alat elektronika yang sederhana dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari disebut….
a. Elektonika
b. Mekanika
c. Elektronika
d. Ilmu kimia
e. Otomotif
33. Berikut faktor internal dalam pemunculan ide usaha, kecuali….
a. Pengetahuan yang dimiliki
b. Pengetahuan dari individu itu sendiri
c. Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
d. Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri
e. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
34. Salah satu contoh benda hasil rekayasa elektronika adalah….
a. Mobil
b. Tape recorder
c. Lampu sepeda pintar
d. Komputer
e. Kendaraan bermotor
35. Proses paling akhir dari sistem produksi jasa profesi dan profesioanlisme adalah….
a. Pembahanan
b. Pembentukan
c. Produksi
d. Perakitan
e. Finishing
36. Salah satu cara dalam mencapai solusi pada proses perancangan produk rekayasa jasa profesi dan profesionalisme dengan mengemukakan pendapat yang disebut….
a. Rasionalisasi
b. Brainstorming
c. Evaluasi
d. Prototyping
e. Material objek
37. Sifat utama dari biaya tetap adalah….
a. Skeptis
b. Statis
c. Krisis
d. Dinamis
e. Normalis
38. Alat yang digunakan dalam perakitan komponen produk rekayasa elektronika adalah….
a. Kawat
b. Solder dan timah
c. Paku
d. Lem
e. Obeng kecil
39. Dasar-dasar demografis yang digunakan dalam kegiatan usaha jasa profesi, dan profesionalisme adalah sebagai berikut, kecuali….
a. Umur
b. Jenis kelamin
c. Penghasilan daerah
d. Penghasilan keluarga
e. Jumlah kendaraan
40. Tahapan proses produksi yang benar dan urut adalah….
a. Pembahasan, pembentukan, perakitan, dan finishing
b. Perakitan, finishing, pembahanan, dan pembentukan
c. Pembahanan, perakitan, pembentukan, dan finishing
d. Finishing, pembentukan, perakitan, dan pembahanan
e. Pembahana, perakitan, finishing, dan pembentukan
41. Tahap yang meliputi persiapan alat dan bahan yang diperlukan, masuk dalam kategori tahap….
a. Pembahanan
b. Pembentukan
c. Produksi
d. Perakitan
e. Finishing
 42. Perhatikan data-data berikut!
(1) Bahasa harus bakus
(2) Bersebrangan dengan kaida
(3) Urutan yang sistematis
(4) Bebas asal benar
Teknik pada pembuatan laporan kegiatan ditujukan pada nomor….
a. (1) dan (3)
b. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (2) dan (3)
e. Semua benar
43. Perhatikan data-data sebagai berikut!
(1) Material
(2) Harga
(3) Warna
(4) Struktur
(5) Bentuk
(6) Konsumen
(7) Tipografi
(8) Citra
(9) Lokasi
Berdasarkan data tersebut, berbagai hal yang berhubungan kemasan desain kreatif ditujukan pada nomor….
a. (1), (2),(3),(7),(8), dan (9)
b. (2), (3),(4),(5),(6), dan (7)
c. (1), (2),(3),(4),(5), dan (6)
d. (2), (3),(5),(6),(8), dan (9)
e. (1), (3),(4),(5),(7), dan (8)
44. Berikut material bagian elektronik pada lampu baca LED, kecuali….
a. LED
b. Resistor
c. PCb
d. Baterai
e. Kaset CD
45. Meskipun memiliki pola dan strategi yang berbeda, namun pada dasarnya tujuan dari kegiatan usaha jasa profesi dan profesionalisme adalah sama,yaitu….
 a. Untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba yang minimal
b. Untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba yang maksimal
c. Untuk menurunkan penjualan dan menghasilkan laba yang maksimal
d. Untuk meningkatkan pembeli bahan dan menghasilkan laba yang maksimal
e. Untuk menurunkan pebeli dan menghasilkan rugi yang maksimal
46. Adanya potensi baku dalam produk rekayasa jasa profesi dan profesionalisme termasuk ke dalam kategori prinsip….
a. Materials
b. Machine
c. Market
d. Method
e. Money
47. Produksi jasa profesi dan profesionalisme dimulai dengan melakukan….
a. Identifikasi pasar
b. Penentuan desain akhir
c. Membuat studi model
d. Persiapan produksi
e. Mengemukakkan pendapat
48. Pada saat melakukan promosi diperlukan perencanaan dan pelaksanaan strategi promosi sebagai berikut,kecuali….
a. Tepat
b. Matang
c. Sesuai
d. Cocok
e. Bebas
49. Dua unsur yang diperhitungkan dalam penentuan harga jual normal pada sistem jasa profesi dan profesionalisme, yaitu….
a. taksiran biaya penuh dan laba yang diharapakn
b. Jumlah unit yang diproduksi dan jumlah aktivitas yang dilakukan
c. Taksiran biaya penuh dan jumlah unit yang diproduksi
d. Jumlah aktivitas yang dilakukan dan laba yang diharapkan
e. Jumlah yang akan dikeluarkan per unit dan laba yang diharpakan
50. Guna menghindari kekeliruan dalam proses produksi dan pascaproduksi, maka perlu dilaksanakan….
a. Memperkenalkan produk
b. Proses adminstrasi
c. Mengetahui keunggulan produk
d. Paham pemasarannya
e. Pelatihan keterampilan produksi
51. Sifat utama dari biaya tidak tetap adalah….
a. Skeptis
b. Statis
c. Krisis
d. Dinamis
e. Normalis
52. Bagian rencana usaha yang berisi nama dan alamat perusahaan,nama dan alamat pemilik, nama dan alamat penanggung jawab, dan Informasi tentang usaha yang dilaksanakan adalah….
a. Pendahuluan
b. Rangkuman eksekutif
c. Analisis industri
d. Rencana produksi
e. Perencanaan produksi
53. Berikut faktor eksternal dalam pemunculan ide usaha,kecuali….
a. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
b. Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
c. Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
d. Oemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru
e. Pengetahuan yang dimiliki
54. Proses evaluasi ide-ide dengan melakukan berbagai pertimbangan secara teknik beserta pengembangannya disebut….
a. Curah pendapat
b. Rasionalisasi
c. Prototyping
d. Desain akhir
e. Penemuan ide
55. Ilmu yang mempelajari alat lirtik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran electron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik,termokopel,semikonduktor,dan lain-lain adalah….
a. Fisika
b. Otomotif
c. TIK
d. Elektronika
e. Kimia
56. Proses mengumpulkan ide-ide untuk mencari solusi atau jalan keluar dari masalah yang didiskusikan disebut….
a. Market research
b. Brainstorming
c. Review produk
d. Uji coba
e. Membuat sample
57. Aspek paling penting dalam melaksanakan promosi produk jasa profesi dan profesionalisme adalah aspek….
a. Prosedural
b. Operasional
c. Institusional
d. Marginal
e. Diagonal
58. Bagian rencana usaha yang berisi tentang surat-surat,data penelitian dasar, surat-surat kontrak dan dokumen, perjanjian lainnya,dan daftar harga dari pemasok barang adalah….
a. Pendahuluan
b. Rangkuman eksekutif
c. Analisis industri
d. Rencana produksi
e. Appendix
59. Melakukan produksi dengan menganalisis perkembangan yang mungkin terjadi merupakan tahapan….
a. Memulai
b. Melaksanakan
c. Mempertahankan
d. Mengembangkan
e. Menilai
60. Dalam langkah penyusunan usaha sistem teknik terdapat proses penting dalam perencanaan yang harus dimasukkan secara urut,yaitu….
a. Perancangan,pengemasan,persiapan,produksi,proses produksi,dan promosi
b. Persiapan produksi,perancangan,proses produksi,pengemasan,dan promosi
c. Persiapan produksi,proses produksi,pengemasan,promosi,dan perancangan
d. Perancangan,persiapan produksi,proses produksi,pengemasan,dan promosi
e. Proses produksi,perancangan,persiapan produksi,pengemasan,dan promosi


Tidak ada komentar:

CONTOH SOAL KELAS 12 MAPEL INFORMATIKA DAN TIK SAS 1 2024_2025

CONTOH SOAL  KELAS 12 SAS 1 MAPEL INFORMATIKA DAN TIK   TAHUN PELAJARAN 2024/2025 PILIH JAWABAN YANG PALING BENAR Dibawah ini yang tida...