Sejarah Perangkat Lunak

Setiap komputer pasti memiliki yang namanya perangkat lunak (software). Perangkat lunak harus dibutuhkan pada sebuah komputer untuk melakukan sebuah instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Saat ini perangkat lunak sudah menjadi suatu proses produksi yang sangat kompleks, dalam pembuatan perangkat lunak melibatkan banyak orang dalam proses pembuatannya. Bentuk sederhana dari perangkat lunak yaitu menggunakan aljabar Boolean, yang dipresentasikan sebagai binari digit (bit). yaitu apabila angka 1 berarti benar atau angka 0 berarti salah. Karena cara tersebut sangat sulit maka sekarang bit mulai dikelompokkan menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (16 bit), double word (32 bit).

Perkembangan perangkat lunak dibagi menjadi beberapa era, diantaranya yaitu :
  • Era Pemula : bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung oleh sebuah program untuk sebuah mesin dengan tujuan tertentu.
  • Era Stabil : pada era ini penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. 
  • Era Mikro : era mikro merupakan perkembangan perangkat lunak selanjutnya, pada era ini perangkat lunak dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikai yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
  • Era Modern : era modern ini perangkat lunak sudah semakin canggih, banyak perangkat lunak yang sudah dimodifikasi menjadi lebih modern.
Selesai sudah pembahasan dari Belajar TIK tentang sejarah perangkat lunak. Semoga dapat menjadi referensi dalam media pembelajaran anda dan bermanfaat. Simak terus info - info yang lain. 

Salam Belajar TIK..........

Komentar

Postingan Populer