1) Untuk menggerakkan kegiatan usaha pengolahan,terlebih dahulu wirausaha harus memahami sistem….
A. Pemasaran
B. Administrasi
C. Prosedural
D. Operasional
E. Pengolahan
2) Neraca awal dalam penyusunan perencanaan usaha makanan khas daerah adalah sebagai berikut,kecuali….
A. Strategi promosi
B. Estimasi pendapatan
C. Margin
D. Biaya operasional
E. Keuntungan
3) Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan….
A. Rencana penjualan
B. Media promosi
C. Brainstroming
D. Teknik khusus
E. Pendapat konsumen
4) Berikut yang termasuk sebagai bagian dari perencanaan promosi produk usaha pengolahan makanan khas asli daerah dari bahan-bahan pangan nabati dan hewani adalah….
A. Berbagai kesulitan yang dialami para ibu-ibu rumah tangga dalam menyiapkan makanan pagi
B. Orang tua yang dengan sabar mengantar dan menjemput anaknya
C. Seorang anak kecil yang senang bermain sendirian dan tanpa adanya pendamping
D. Seorang remaja putri yang senang memakai aksesories buatan dalam negeri
E. Seorang remaja putra yang senang utak-atik perangkat elektronika maupun gadget pribadi
5) Bahan baku utama dari kue mocha yang domifikasi adalah….
A. Daging
B. Buah
C. tepung ketan
D. Telur
E. Tepung beras
6) Faktor produksi paling utama menurut pendekatan secara ekonomi adalah….
A. Man
B. Money
C. Material
D. Machine
E. Method
7) Penentuan taksiran harga jual dari makanan khas asli daerah dari bahan pangan nabati dan hewani harus mempertimbangkan….
A. Modal dan biaya
B. SDM
C. Strategi pemasaran
D. Biaya awal
E. Proses produksi
8) Berikut yang bukan termasuk komponen dalam proposal usaha berdasarkan analisis wirausaha adalah….
A. Kekuatan
B. Kelemahan
C. Target
D. Peluang
E. Ancaman
9) Dalam sebuah promosi produk pengolahan makanan khas asli daerah (orisinil) dari bahan-bahan pangan nabati dan hewani, hal utama yang harus lakukan adalah….
A. Menonkolkan kelebihan produk
B. Menapilkan produk purwarupa
C. Menceritakan tentang proses produk
D. Menghalalkan segala cara
E. Memberikan harga tinggi
10) Strategi promosi produk olahan makanan khas daerah bertujuan untuk memperkenalkan….
A. Fungsi dan proses produksi
B. Nilai guna dan proses produksi
C. Fungsi dan keunggulan produksi
D. Keunggulan produk dan keunggulan produk
E. Nilai guna dan purna jual
11) Evaluasi kinerja dan keuangan beserta SWOT meliputi, kecuali….
A. Strength
B. Weakness
C. Opportunities
D. Threats
E. Treatment
12) Sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacara (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka) disebut….
A. Telur asin
B. Rendang
C. Asinan
D. Ikan asin
E. Dadih
13) Asinan buah merupakan jajanan khas kota….
A. Bogor
B. Semarang
C. Surabaya
D. Surakarta
E. Madura
14) Bahan utama dalam pembuatan suatu produk pangan disebut bahan….
A. Baku Utama
B. Tambahan pangan
C. Pokok
D. Pangan
E. Adonan
15) Salah satu tujuan modifikasi pangan adalah….
A. Cepat busuk
B. Cepat basi
C. Keawetan pangan
D. Makanan tidak awet
E. Mudah bau
16) Faktor-faktor lingkungan luar yang mampu menghabat pergerakan organisasi disebut….
A. Strength
B. Weakness
C. Opportunities
D. Threats
E. Treatment
17) Faktor-faktor lingkungan luar yang positif, dapat, dan mampu mengarahkan kegiatan organisasi ke arahnya, yaitu….
A. Strength
B. Weakness
C. Opportunities
D. Threats
E. Treatment
18) Kelemahan dari sebuah produk disebut….
A. Strength
B. Weakness
C. Opportunities
D. Threats
E. Treatment
19) Kekuatan yang dimiliki produk disebut….
A. Strength
B. Weakness
C. Opportunities
D. Threats
E. Treatment
20) Dadih adalah yogurt tradisional khas dari….
A. Palembang
B. Medan
C. Ujung padang
D. Minangkabau
E. Bali
21) Bahan baku kue mocha adalah….
A. Buah
B. Daging
C. Tepung ketan
D. Tepung beras
E. Telur
22) Dalam memudahkan proses produksi, pengusaha harus memerhatikan, dan melakukan hal berikut, kecuali….
A. Membuat suatu contoh masakan daerah yang akan dibuat
B. Menyusun daftar komponen produk, baik jenisnya maupun jumlahnya
C. Menyusun urutan tata proses pembuatan produk setahap demi setahap dan waktu mengerjakan bahan hingga menjadi produk jadi
D. Menyusun jadwal masuk karyawan
E. Menempatkan tenaga pelaksana proses produksi disertai pengawas yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya proses produksi
23) Karakteristik dari produk atau jasa yang pada kemampuannya menanggung janji atau sisipan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan disebut….
A. Proses produksi
B. Kuantitas produksi
C. Harga produk
D. Kualitas produk
E. Bentuk produk
24) Berikut merupakan izin usaha, kecuali….
A. SIUP
B. SITU
C. NPWP
D. NRP
E. SIM
25) Berikut yang tidak termasuk dalam aspek produksi adalah….
A. Bahan baku
B. Peralatan produksi
C. Bahan kemasan
D. Proses pembuatannya
E. Dana usaha
26) Kemasan makanan yang mengandung zat plastik berbahaya dapat berakibat….
A. Menghambat produksi hormone testosterone
B. Memacu sel kanker
C. Mengubah gen
D. Mempengaruhi keturunan
E. Kematian
27) Berikut yang bukan termasuk tujuan dilakukannya modifikasi pangan adalah….
A. Usia produk agar lebih awet
B. Meningkatkan tingkat higienis produk
C. Membuat produk dengan varian baru
D. Mempermudah produksi
E. Menghasilkan tekstur pangan yang berbeda
28) Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk adalah dengan menggunakan metode 4P. 4P tersbut adalah….
A. Produk, harga, tempat, dan promosi
B. Produk, bahan baku, tempat, dan promosi
C. Bahan baku, produk, tempat, dan promosi
D. Tempat, bahan baku, produk, dan promosi
E. Bahan baku, mesin, produk, dan promosi
29) Makanan khas Minangkabau adalah….
A. Asinan
B. Keripik buah
C. Rendang
D. Gudeg
E. Sate ayam
30) Faktor yang paling menentukan berhasil tidaknya usaha makanan adalah….
A. Bentuk
B. Harga
C. Termperatur
D. Rasa
E. Warna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar