1. Grafika adalah sebuah bentuk dari teknik maupun cara dari melakukan penyampaian dari pesan, gagasan, informasi, pemikiran dan juga kesan dengan cara menggunakan berbagai macam bentuk penggandaan dengan cara dilakukan penyetakan dan juga dilakukan penyajian kepada khalayak. Grafika sendiri adalah sebuah bentuk dari teknologi yang dimiliki kemungkinan untuk menjadi sebuah buah pikira dari tokoh, bahkan kepada ratusan ribuan tahun lalu hingga kepada sebuah hasil dari cetakan yang dimana ada dan dapat dilihat. Berikut faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha produk grafika, kecuali….
A. perencanaan yang tepat dan matang
B. dedikasi yang tinggi
C. banyak dana
D. SDM handal dan teknologi tinggi
E. kebutuhan konsumen yang terpuaskan
2. Cetak sablon sering disebut screen printing. Cetak jenis ini menggunakan screen/saring. Artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di screen. Dari hasil afdruk itu kemudian dituang tinta dan disaput dengan rakel. Tinta yang disaput akan keluar dari screen ke media yang disablon. Cetak sablon bisa diaplikasikan di banyak media, semisal: kertas, plastik, kain, besi, aluminium
Saat cetak sablon artwork yang telah dibuat lalu dilakukan afdruk di….
A. rakel
B. gleserin
C. tinta sablon
D. hair dryer
E. screen
3. Cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas. Sebleum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital seperti coreldraw, photoshop, freehand dan lainnya lalu selanjutnya dibuat plat filmnya. Dengan pita film tersebut kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin offset. Hasil percetakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.
Sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan artwork/desain yang dibuat dengan software olah digital yaitu….
A. corel draw
B. notepad
C. pagemaker
D. indesign
E. flash
4. Berikut ini faktor eksternal dalam pemunculan ide usaha percetakan/produk grafika, kecuali….
A. masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
B. kesulitan yang dihadapi sehari-hari
C. kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
D. pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru
E. pengetahuan yang dimiliki
5. Cetak offset biasanya digunakan untuk peretakan kertas, sebelum dilakukan cetak ke mesin percetakan, artwork desain dibuat filmnya. Dengan film itu kemudian dilakukan pencetakan melalui mesin. Hasil peretakan offset biasanya untuk buku, nota, kemasan promosi, iklan dan sebagainya.
Cetak yang hanya dipakai untuk peretakan kertas yaitu….
A. cetak offset
B. cetak dalam
C. cetak tinggi
D. cetak air brush
E. digital printing
6. Berikut yang tidak dievaluasi dalam usaha produk grafika….
A. keuntungan
B. penguasaan teknis
C. pemasaran
D. bahan baku
E. devisa
7. Dalam usaha kerajinan terdapat sistem pembukuan yang terencana supaya keuangan dapat dihitung dan terlihat untung dan ruginya.
Buku produksi, buku penjualan, kuitansi, faktur penjualan dalam usaha produk grafika termasuk pada….
A. administrasi usaha besar
B. administrasi usaha kecil
C. perangkat administrasi usaha
D. administrasi umum
E. pembukuan
8. Analisis aspek keuntungan bukan masuk ke dalam resiko usaha tetapi penghitungan laba rugi akhir produksi dan pemasaran.
Berikut yang bukan termasuk ke dalam risiko menjalankan usaha produk grafika adalah….
A. analisis aspek risiko keuangan
B. analisis aspek risiko SDM
C. analisis aspek potensi besar
D. analisis aspek pelanggan
E. analisis aspek keuntungan
9. Aspek resiko keuangan merupakan aspek yang digunakan untuk menilai keuangan usaha secara keseluruhan.
Adanya biaya-biaya produksi, adanya pinjaman-pinjaman dan utang-utang usaha produk grafika yang besar, termasuk pada analisis aspek….
A. risiko SDM
B. risiko potensi pasar
C. risiko keuangan
D. risiko pelanggan
E. risiko aspek produk
10. Agar kegiatan usaha lancar, maka setiap wirausahawan wajib untuk mengurus dan memiliki izin usaha dari instansi pemerintah yang sesuai dengan bidangnya.
Sebelum kegiatan membuat usaha produk grafika hal pertama dimulai terlebih dahulu harus….
A. mengurus IMB
B. melakukan evaluasi
C. melakukan promosi
D. membuat biaya produksi
E. mengurus izin usaha
11. Informasi yang dibutuhkan dalam kreativitas berwirausaha produk grafika diantaranya…..
A. macam-macam badan usaha
B. saingan usaha yang dihadapi
C. trand mode
D. cara mendirikan usaha
E. kebijaksanaan pemerintah
12. Cetak offset merupakan jenis cetak hanya akan menerima cetak dalam media…
A. Besi
B. Kayu
C. Kaos
D. Kertas
E. Plastic
13. Alat yang digunakan untuk membersihkan atau menghapus screen dalam cetak sablon yaitu….
A. meja adfruk
B. rakel
C. screen
D. soda api
E. kaporit
14. Seni cetak atau produk grafika paling terbaru dalam mendesain mobil atau motor disebut cetak….
A. Photocopy
B. Brush
C. Flexografi
D. Rotogravure
E. Painting
15. Berikut karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan, kecuali….
A. mudah bergaul dan pandai berkomunikasi
B. bersemangat dan tidak mudah putus asa
C. jujur dan bertanggung jawab
D. berfikir prestatif, kreatif, dan inovatif
E. tidak berani mengambil risiko
16. Berikut yang menjadi biaya utama dalam penentuan harga produk dalam usaha produk grafika adalah….
A. biaya bahan baku dan suplai
B. biaya administrasi kantor
C. biaya gaji karyawan
D. biaya alat tulis kantor
E. biaya pengiriman bahan
17. KOMPAS.com - Perkembangan desain dan teknologi tentu memberikan peluang kepada orang-orang untuk mengeksplorasi kreativitas dalam menghasilkan produk. Dalam buku Graphic Products (2005) karya Geoff Hancock, produk grafik adalah subyek yang menarik dan kreatif. Grafik sendiri memiliki arti presentasi visual untuk memberikan ifnormasi atau keindahan. Tanpa disadari produk grafik sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari, seperti buku, poster, baliho, gambar, kemasan, dan lainnya. Bahkan produk grafik sebenarnya sudah aja sejak zaman prasejarah, yaitu melalui lukisa-lukisan di gua. Lukisan prasejarah kebanyakan berupa cap tangan, gambar manusia dan hewan, benda-benda tajam, dan masih banyak lainnya. Baca juga: Kemasan dan Pemasaran Produk Kerajinan Obyek Lokal Perkembangan grafika terus melaju karena ditunjang oleh teknologi, salah satunya teknologi cetak. Teknologi cetak mampu membuat gambar yang sama secara berulang.
Suatu proses mengubah peluang menjadi gagasan atau ide yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan usaha produk grafika disebut dengan….
A. Kreatif
B. Prestatif
C. Inovatif
D. Efektif
E. Efisien
18. Di dalam menganalisis aspek pelanggan, dalam perencanaan usaha seorang wirausaha harus menitik beratkan pada hal berikut, kecuali….manfaat produk yang disukai pelanggan
A. keuangan
B. Pelanggan
C. jarak tempuh pelanggan
D. strategi pemasaran
E. membayar mahal
19. Perhatikan gambar dibawah ini!
Gambar tersebut merupakan pembuatan produk grafika berupa spanduk dengan teknik cetak….
A. Offset
B. Saring
C. Dalam
D. Tinggi
E. Digital
20. Proses cetak yang dimulai dengan membuat desain terlebih dulu yang kemudian dicetak dengan menggunakan printer disebut….
A. Digital printing
B. cetak rotogravure
C. cetak flexografi
D. cetak sablon
E. cetak air brush
21.
Amati gambar dibawah ini !
Ada 5 jenis teknik cetak berdasarkan prinsipnya, dari gambar tersebut termasuk cetak….
A. Prinsip kerja cetak tinggi dengan huruf-huruf acuan cetak yang dapat disusun
B. Prinsip kerja cetak dalam dengan huruf-huruf acuan cetak yang dapat disusun
C. Prinsip kerja cetak datar dengan huruf-huruf acuan cetak yang dapat disusun
D. Prinsip kerja cetak saring dengan huruf-huruf acuan cetak yang dapat disusun
E. Prinsip kerja cetak digital dengan huruf-huruf acuan cetak yang dapat disusun
22. Amati gambar berikut !
Dari data tersebut yang termasuk alat CUKIL dan KARET adalah ….
A. 1 dan 3
B. 3 dan 2
C. 1 dan 2
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
23. Kegiatan produksi dilakukan dalam kelompok. Tentukan target jumlah produksi berdasarkan waktu, kemampuan produksi dan target penjualan. Rencanakan proses produksi, jumlah bahan dan alat serta kebutuhan tempat kerja berdasarkan target produksi. Buatlah pembagian tugas yang sesuai dengan kompetensi anggota kelompok dan mendukung kualitas produksi yang baik. Kegiatan produksi tergantung dari desain produk grafika dan teknik produksi yang akan digunakan. Secara umum, tahapan produksi produk grafika adalah seperti berikut….
A. Persiapan >>> Pembuatan acuan cetakan >>> Pencetakan
B. Persiapan >>> Kegiatan produksi >>>Pascaproduksi
C. Persiapan bahan >>>Persiapan alat kerja >>>Persiapan tempat kerja
D. Kegiatan Produksi>>> Pembuatan acuan cetakan >>> Pencetakan
E. Pembuatan acuan cetakan >>> Pencetakan >>> Pascaproduksi
24. Pada simulasi usaha sablon kaos sublimasi, bengkel print indonesia menggunakan ukuran sablon kaos A4. Teman-teman juga bisa menggunakan ukuran A3 disesuaikan dengan kebutuhan saja yha ! Berikut cara hitung HPP cetak kaos sublimasi .
Harga Transfer Paper Sublimasi A4
Rp. 80.000 /pack : 100 lembar = Rp. 800,-
Harga Tinta Sublimasi CMYK
Rp. 80.000 / 100ml x 4 Tinta CMYK = Rp. 360.000
Rp. 80.000 : 100 ml = Rp. 800
Rp. 800 x 4 Tinta CMYK = Rp. 3.200
Total Biaya Cetak Kaos Sublimasi
Jadi, modal usaha sablon sublim pemula khususnya untuk HPP cetak kaos sublimasi satuan menggunakan transfer paper sublim A4 adalah = Rp. 800 + Rp. 3.200 = Rp. 4.000/pcs (*belum termasuk biaya listrik dan kaos )
Jika usaha sablon kaos sublim include dengan biaya listrik maka kita asumsikan biaya listrik ± Rp. 1.000 dan kaos polos bahan polyester Rp. 25.000 maka =
A. Rp 25.000 – 27.000 / pcs
B. Rp 27.000 – 29.000 / pcs
C. Rp 30.000 – 35.000 / pcs
D. Rp 45.000 – 50.000 / pcs
E. Rp 55.000 / pcs
25. Bacalah tek berikut dan fahami
JENIS-JENIS PASAR BESERTA CONTOHNYA, SEBAGAI RODA PEREKONOMIAN MASYARAKAT
Liputan6.com, Jakarta Saat ini peran dari pasar sangatlah penting. Baik pasar lokal maupun pasar global. Secara umum, pasar merupakan salah satu bagian dari berbagai macam sistem, prosedur, hubungan sosial dan juga infrastruktur yang berhubungan dengan penjual dan pembeli. Di dalam sistem pasar terdapat adanya kegiatan transaksi atau jual-beli suatu produk dan jasa. Pasar sendiri menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah orang yang melakukan kegiatan transaksi jual-beli. Secara umum pasar dikenal sebagai tempat untuk melakukan kegiatan jual-beli yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi atau sekelumpulan orang yang bermaksud untuk mencari keuntungan yang sehat.
Gambar tersebut, termasuk pemasaran ……
A. Pemasaran tidak langsung
B. Pemasaran online
C. Pemasaran langsung
D. Pemasaran digital
E. Pemasaran modern
LINK PAS 2 KELAS X
https://forms.gle/jmqDVrA5hB88cJa59
Tidak ada komentar:
Posting Komentar