CONTOH SOAL PAS 2 2022 KELAS 11 MAPEL PKWU PENGOLAHAN

 

Pilihlah salah satu jawawaban dibawah ini yang paling benar!

 

1.        Berikut yang dimaksud dengan makanan internasional adalah…..

a.         makanan yang biasa dikonsumsi di suatu daerah

b.         makanan yang dijual di semua daerah

c.         makanan modern

d.         makanan yang berasal dari luar negeri

e.         makanan yang sumber bahan makanannya berasal dari negara tertentu

2.        Ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi dinamakan….

a.         wasabi

b.         ebi

c.         sashimi

d.         onigiri

e.         tuna

3.        Sushi merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah…..

a.         kentang

b.         sagu

c.         nasi

d.         ikan

e.         ayam

4.        Berikut makanan yang bukan berasal dari Italia adalah….

a.         pizza

b.         spaghetti

c.         lasagna

d.         tom yum

e.         pasta

5.        Makanan yang berasal dari Asia (negara kepulauan) seperti Indonesia, Thailand, Cina dan sekitarnya disebut makanan ...

a.         kontinental

b.         orinetal

c.         chines

d.         melayu

e.         asia

6.        makanan yang berasal dari benua Eropa (memiliki dataran yang luas) disebut makanan ...

a.         kontinental

b.         orinetal

c.         chines

d.         aristokrat

e.         eropa

7.        Teknik memasak yang mengandalkan api panas terkenal di negara….

a.         China

b.         Belanda

c.         Malaysia

d.         Thailand

e.         Vietnam

8.        Ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi dinamakan….

a.         wasabi

b.         ebi

c.         salmon

d.         onigiri

e.         tuna

9.        Sushi merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah….

a.         kentang

b.         sagu

c.         nasi

d.         ikan

e.         ayam

10.    Dibawah ini adalah beberapa contoh makanan yang berasal dari negara Italia, kecuali….

a.         pizza

b.         spaghetti

c.         lasagna

d.         tomyam

e.         pasta

11.    Dibawah ini adalah beberapa jenis bahan makanan yang cara pengolahnnaya dengan cara dipanggang, kecuali….

a.         tomyam

b.         sate

c.         barbeque

d.         kambing guling

e.         ayam panggang

12.    Usaha yang bergerak di bidang makanan disebut….

a.         kuliner

b.         seafood

c.         courfood

d.         seaworld

e.         pariwisata

13.    Untuk meningkatkan usaha kuliner yang dilakukan wirausaha adalah…..

a.         perlunya inovasi dan kreatifitas

b.         perlu modal besar

c.         adanya lahan yang luas

d.         bahan harus impor

e.         bahan harus ekspor

14.    Negara yang terkenal akan produksi kejunya adalah….

a.         Jerman

b.         Belanda

c.         Italia

d.         Prancis

e.         Amerika

15.    Berikut yang dimaksud dengan makanan internasional adalah….

a.         makanan yang biasa dikonsumsi di suatu daerah

b.         makanan yang dijual di semua daerah

c.         makanan modern

d.         makanan yang berasal dari luar negeri

e.         makanan kedaluwarsa

16.    Kebab adalah salah satu makanan internasional yang banyak digemari di Indonesia, makanan ini berasal dari….

a.         Turki

b.         Arab

c.         Indonesia

d.         Malaysia

e.         Thailand

17.    Berikut yang bukan merupakan manfaat dari analisis Break Even Point (BEP) adalah ...

a.    Dapat menentukan berapa jumlah penjualan yang sebaiknya diperoleh agar mendapatkan keuntungan yang telah direncanakan.

b.    Dapat mengetahui berapa jumlah penjualan minimum yang mesti dipertahankan agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

c.    Dapat mengukur penjualan serta tingkat produksi yang tidak lebih rendah dari BEP

d.    Dapat menganalisis perubahan harga bahan baku saja.

e.    Sebagai alat perencanaan tingkat produksi.

18.    Besaran harga jual tiap unit produk harus memperhitungkan seluruh biaya yang berkaitan dengan produk bersangkutan. Dengan demikian, besaran harga jual ditentukan oleh ...

a.         selling price dan fixed cost

b.         fixed cost dan variable cost

c.         selling price dan variable cost

d.         fixed cost dan pocket money

e.         varible cost dan pocket money

19.    Salah satu komponen BEP adalah variable cost. Pengertian variable cost adalah ...

a.         Biaya yang tidak berubah saat terjadi peningkatan produksi

b.         Biaya yang mengikuti volume produksi

c.         Biaya pendukung produksi

d.         Harga jual barang per unit

e.         Biaya tambahan

20.    Perhatikan jenis-jenis biaya berikut:

(1) Biaya bahan baku

(2) Biaya penyusutan peralatan

(3) Biaya listrik

(4) Biaya asuransi

(5) Biaya sewa gedung

(6) Biaya upah tenaga kerja

Dari jenis biaya tersebut, yang merupakan fixed cost ditunjukkan pada nomor ...

a.         (1), (2), dan (3)

b.         (1), (3), dan (6)

c.         (2), (3), dan (4)

d.         (2), (4), dan (5)

e.         (4), (5), dan (6)

21.    Perhitungan BEP terdiri dari 2 (dua ) cara yaitu ....

a.         BEP dalam unit dan BEP dalam Rupiah

b.         BEP dalam unit dan BEP selling

c.         BEP dalam perjalanan dan BEP buyying

d.         BEP dalam Rupiah dan BEP dalam jumlah produksi

e.         BEP dalam unit dan BEP dalam satuan

22.    Di bawah ini analisa break even point (BEP) dapat digunakan oleh usahawan untuk berbagai pengambilan keputusan, kecuali....

a.    Jumlah minimal produk yang harus terjual agar perusahaan tidak mengalami kerugian

b.    Untuk mengetahui efek perubahan harga jual, biaya maupun volume penjualan terhadap laba yang diperoleh

c.    Untuk mengetahui promosi yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan segmen pasarnya

d.    Jumlah penjualan yang harus dipertahankan agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

e.    Besarnya penyimpanan penjualan berupa penurunan volume yang terjual agar perusahaan tidak menderita kerugian.

23.    Diketahui biaya tetap yang harus dikeluarkan setiap bulan Rp.250.000. Biaya variabel sebesar Rp.3.000/unit. Harga Jual Rp.5.000/gelas. Titik impas atau BEP unit nya adalah sebagai berikut ...

a.         25

b.         50

c.         75

d.         150

e.         125

24.    Fixed Cost sebuah produk pengolahan Rp 200.000, Variable cost Rp.5,000 / unit, Harga jual Rp. 10,000 / unit, maka BEP per unitnya adalah ....

a.         40

b.         60

c.         70

d.         80

e.         90

25.    Roni memproduksi kasur lantai dengan pengeluaran biaya-biaya sebagai berikut: - Biaya tetap Rp1.000.000,00/bulan - Biaya tidak tetap Rp20.000,00/unit - Harga jual Rp70.000,00/unit Berapa omzet per bulan yang harus dicapai Roni untuk mencapai BEP …

a.         5

b.         15

c.         20

d.         50

e.         100

26.    Suatu perusahaan mengeluarkan biaya tetap 300.000, biaya variable per unit 400. Harga jual per unit 1000. Hitunglah jumlah produk saat mencapai BEP!

a.         5

b.         15

c.         20

d.         50

e.         100

28.    Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut adalah pengerti dari …

a.         Strategi

b.         Promosi

c.         Penjualan

d.         Penawaran

e.         Titik Beban

29.    Yang bukan merupakan tujuan dari promosi adalah…

a.         untuk memperkenalkan diri

b.         membujuk

c.         melayani

d.         modifikasi/membentuk tingkah laku

e.         mengingatkan kembali tentang produk dan perusahaan yang bersangkutan

30.    Bentuk promosi dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.disebut…

a.         Advertising

b.         Personal Selling

c.         Publisity

d.         Sales promotion

e.         Direct marketing

31.    Suatu bentuk promosi yang ditujukan untuk merangsang pembelian

a.         Advertising

b.         Personal Selling

c.         Publisity

d.         Sales promotion

e.         Direct marketing

32.    Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah) adalah pengertian dari …

a.         Advertising

b.         Personal Selling

c.         Publisity

d.         Sales promotion

e.         Direct marketing

33.    Rina membangun promosinya melalui iklan di berbagai media, metode yang digunakan oleh leni disebut dengan…

a.         Advertising

b.         Personal Selling

c.         Publisity

d.         Sales promotion

e.         Direct marketing

34.    Teknik promosi dengan membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, pekan raya dan pusat perbelanjaan

a.         dor to dor

b.         sponsorship

c.         In store

d.         Mobil sampling

e.         Brand

35.    Doni membangun usaha makanan pizza dan ingin orang-orang kenal dengan produk yang mereka hasilkan, selain itu mereka berdua ingin memiliki hubungan yang baik dengan seluruh pelanggan dan calon pelangan. Sebaiknya Doni mulai membangun promosi …

a.         Membuat Website atau Toko Online

b.         Menggunakan Social Media

c.         Membuat Channel Youtube

d.         Menggunakan sarana iklan gratis

e.         Memanfaatkan Ojek Online

36.    Bu Diva ingin sekali mempromosikan salad produksinya namun beliau tidak memiliki uang untuk mempromosikan produknya, Pak Slamet gemar mendokumetasikan proses pembuatannya melalui rekaman video di handphonenya. Bibawah ini cara yang paling tepat yang dapat digunakan oleh Bu Diva adalah…

a.         Membuat Website atau Toko Online

b.         Menggunakan Social Media

c.         Membuat Channel Youtube

d.         Menggunakan sarana iklan gratis

e.         Memanfaatkan Ojek Online

37.    Seorang pengusaha mencoba mempromosikan produknya melalui promosi dengan mencetak gambar seperti di bawah ini:

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

teknik promosi yang dilakukan adalah…

a.         Coupons

b.         Discount

c.         Premium and advertising specialties

d.         Contest

e.         Sampling

38.  Bahan utama untuk membuat fettucini adalah …          

a.     Kejudangandum        

b.    mentega dan keju parmesan   

c.     barasdantepung          

d.    mentegadangandum   

e.     kejudanberas

39.  Berasal dari negara mana kahrot Prata …          

a.     Thailand         

b.    Brunei Darussalam     

c.     Turki   

d.    Singapura       

e.     Indonesia

40.  Berasal dari negara manakah makanan Fajitas …          

  1. Meksiko
  2. Italia
  3. Jerman
  4. Jepang
  5. Korea

41.  Berasal dari negara manakah Hamburger …

  1. Meksiko
  2. Italia
  3. Jerman
  4. Jepang
  5. Korea

Komentar

Postingan Populer