CONTOH SOAL PAS 1 2022 KELAS 12 MAPEL PKWU (PENGOLAHAN)

 1.           Rendang merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh seluruh lapisan masyarakat  

          Indonesia, pernyataan tersebut dapat termasuk kedalam analisis .

a.        Peluang

b.       Kelemahan

c.        Kekuatan

d.       Ancaman

e.        Hambatan

2.         Beno ingin melakukan riset pasar dengan bahan baku makaanan nabati, maka tahapan yang benar yang dilakukan Beno adalah …

a.        Riset pasar, hasil riset, pengembangan produk, hasil rancangan, proses  roduksi, produk.

b.       Riset pasar, hasil riset, hasil rancangan, pengembangan produk, proses produksi, produk.

c.        Riset pasar, hasil rancangan, hasil riset, pengembangan produk, proses produksi, produk.

d.       Riset pasar, hasil rancangan, pengembangan produk, proses produksi, produk.

e.        Riset pasar, hasil riset, pengembangan produk, proses produksi, produk.

3.     Tini akan membuat usaha dibidang kuliner, tetapi Tini tidak tahu harus memulai usahanya dari mana, maka hal pertama yang harus dilakukan Tini adalah .

a.        Analisis internal

b.       Analisis eksternal

c.        Analisis SWOT

d.       Riset pasar

e.        Merancang produk

4.     Administrasi adalah penyusunan dan pencatatan data/informasi secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan definisi administrasi dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha. Pengertian tersebut menurut …

a.        George R. Terry

b.       Ulbertsilalahi

c.        Sondang P. Siagian

d.       Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

e.        Arthur Grager

5.   Sumber daya yang harus dikelola dalam menentukan bahan baku yang berkualitas untuk memodifikasi makanan dari bahan nabati dan hewani, merupakan … .

a.        Man

b.       Material

c.        Mechine

d.       Method

e.        Market

6.      Pengembangan produk pangan dapat dilakukan dengan melakukan modifikasi, tujuan memodifikasi makanan bahan nabati dan hewani adalah …

a.        Menambah daya tarik masyarakat terhadap makanan.

b.       Rasa dan bentuknya menjadi aneh.

c.        tidak dapat bersaing dengan produk modern.

d.       Pemasarannya mudah.

e.        Administrasinya mudah.

7.           Bumbu untuk membuat rendang terdiri atas bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, kemiri, jahe, garam, gula, sereh, lengkuas, dan daun kunyit. Bumbu-bumbu ini berguna untuk pengental, penambah cita rasa dan ... .

a.        Penampilan

b.       Warna

c.        Aroma

d.       Manis

e.        Asin

8.    Target usaha yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan yang akan dipenuhi berupa kesempatan baik untuk individu maupun kelompok disebut …

a.        Resiko

b.       Usaha

c.        Peluang

d.       Peluang usaha

e.        Gagasan

9.           Kegiatan yang mengkombinasikan faktor-faktor produksi (man, material, method, money, market dan machine) yang ada untuk menghasilkan suatu produk, berupa barang yang dapat diambil nilai lebihnya atau manfaatnya oleh konsumen disebut ...

a.        Proses produksi

b.       Produksi

c.        Sumber daya

d.       Produksi pabrikasi material

e.        Proses produksi metode

10.     Skema proses dalam perencanaan usaha modifikasi bahan pangan dari bahan nabati dan hewani  pada tahap pertama adalah…

a.        Hasil proses

b.       Hasil rancangan

c.        Riset pasar

d.       Proses produksi

e.        Distibusi dan pemasaran

11.    Rendang adalah makanan berbahan dasar daging sapi, mempunyai citarasa pedas, yang dalam pembuatannya diperkaya dengan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah, terutama cabe merah dan kelapa. Makanan ini adalah khas dari …

a.        Sukabumi-jawa barat

b.       Medan-sumatra utara

c.        Palembang- Sumatera Selatan

d.       Balikpapan- Kalimantan Timur

e.        Padang- Sumatera Barat

12.        Rani ingin membuka usaha dibidang kuliner, Rani sangat cerdas memanfaatkan kesempatan yang ada dalam bidang makanan khas tradisional dengan menggunakan bahan baku daging yang dimodifikasi menjadi olahan abon, maka Rani Untuk mencapai peluang usaha diperlukan ... .

a.        Modal usaha

b.       Perhitungan yang rumit

c.        Kerja keras dan pengorbanan

d.       Perhitungan laba rugi

e.        Perencanaan usaha yang baik

13.      Santi seorang wirausahawan sukses yang pandai memanfaatkan kesempatan yang ada serta melihat sasaran penjualan yang cukup menjanjikan, maka Santi termasuk wirausahawan yang mampu menganalisis … .

a.        Tantangan

b.       Hambatan

c.        Peluang

d.       Persaingan

e.        Kelemahan

14.  Kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pengertian ini menurut ...

a.        George R. Terry

b.       Ulbertsilalahi

c.        Sondang P. Siagian

d.       Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

e.        Arthur Grager

15.        Berikut ini adalah contoh modifikasi makanan khas daerah dari yang dimodifikasi bahan bakunya adalah....

a.        Telur asin asap

b.       Burger rendang

c.        Jamu kemasan botol

d.       Pempek lele

e.        Puding cendol

16.      Bahan dasar pembuatan lumpia khas Semarang adalah rebung. Modifikasi isian lumpia yang dapat dilakukan untuk seorang vegetarian yang tidak menyukai rebung adalah...

a.        Mengganti rebung dengan ikan

b.       Mengganti rebung dengan kepiting

c.        Mengganti rebung dengan udang

d.       Mengganti rebung dengan ayam

e.        Mengganti rebung dengan jamur tiram

17.        Bentuk variasi rasa yang dapat dilakukan untuk mengembangkan telur asin adalah....

a.        Memberikan variasi telur asin asap

b.       Memberikan variasi telur asin pedas

c.        Meberikan variasi telur asin pindang

d.       Mengganti telur bebek dengan telur ayam

e.        Memberikan variasi telur asin oven

18.     Makanan khas daerah berikut ini yang dapat dilakukan modifikasi agar proses pengolahannya lebih higienis adalah....

a.        Dadih dari Minangkabau

b.       Bika ambon dari Medan

c.        Gudeg dari Yogyakarta

d.       Asinan dari Bogor

e.        Telur asin dari Brebes

19.        Berikut ini adalah bahan yang tidak diperlukan dalam pengolahan bakpia keju susu adalah....

a.        Tepung terigu

b.       Mentega

c.        Gula

d.       Kacang hijau

e.        Garam

20.        Berikut ini yang tidak termasuk bahan untuk topping pizza rendang adalah....

a.        Rendang

b.       Tepung terigu

c.        Keju mozzarela

d.       Keju cheddar

e.        Bawang bombai

21.        Tujuan dari modifikasi pempek dengan menggunakan ikan lele adalah....

a.        Ikan lele harganya lebih mahal dan mudah didapatkan

b.       Ikan lele harganya lebih murah dan mudah didapatkan

c.        Ikan lele bersifat musiman dan harganya murah

d.       Ikan lele bersifat musiman dan harganya mahal

e.        Ikan lele bersifat musiman, harga mahal, dan susah didapatkan

22.        Berikut ini yang tidak termasuk cara dalam menjaga higienitas dari makanan khas daerah yang diolah, kecuali....

a.        Mencuci tangan sebelum memasak

b.       Menggunakan masker saat memasak maupun menghidangkan makanan

c.        Mencuci sayur dan bahan dengan cara mencelupkan pada wadah/baskom

d.       Menghindari berisin atau batuk di depan makanan yang disajikan

e.        Bahan makanan dalam keadaan segar

23.    Biaya yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah produksi yang sifatnya tidak tetap, bisa berubah sesuai jumlah produksinya disebut sebagai....

a.    Biaya tetap

b.    Biaya variabel

c.    Biaya Total

d.    Biaya pokok produksi

e.    Biaya distribusi

24.        Berikut ini, yang termasuk biaya tetap dalamusaha pengolahan pempek adalah....

a.        tepung kanji, ikan tengiri, telur

b.       plastik mika kemasan pempek, tepung kanji, ikan tengiri

c.        plastik mika kemasan, biaya penyusutan alat, bahan baku ikan tengiri

d.       upah tenaga kerja, plastik mika kemasan, biaya penyusutan alat

e.        upah tenaga kerja, biaya penyusutan alat, tagihan listrik

25.    Jika dalam 1 kali produksi usaha dihasilkan 100 bakpia lumer dengan harga jual Rp 2.000,00 dihasilkan laba Rp 50.000,00 dengan biaya tetap sebesar Rp 60.000,00. Berapakah biaya variabel yang dibutuhkan untuk pembuatan lumpia lumer tersebut!

a.        Rp 100.000,00

b.       Rp 90.000,00

c.        Rp 80.000,00

d.       Rp 70.000,00

e.        Rp 60.000,00

26.    Jika biaya variabel suatu usaha pembuatan pempek dalam 1 kali produksi dengan 100 porsi pempek adalah Rp 1.000.000, biaya tetap nya adalah Rp 650.000,00,Harga pokok produksinya adalah....

a.        Rp 12.500,00

b.       Rp 13.500,00

c.        Rp 14.500

d.       Rp 15.500,00

e.        Rp 16.500,00

27.     Suatu usaha pembuatan rendang menghabiskan total biaya produksi Rp 5.000.000,00. Jika dari usaha tersebut mampu menghasilkan 100 kaleng kemasan rendang untuk dijual. Jika pengusaha ingin memperoleh keuntungan 20 % dari biaya produksi. Harga jual untuk tiap keleng kemasan rendang yang harus ditetapkan adalah....

a.        Rp 50.000,00

b.       Rp 60.000,00

c.        Rp 70.000,00

d.       Rp 80.000,00

e.        Rp 90.000,00

28.    Data administrasi keuangan usaha pembuatan “Gethuk Keju” menunjukkan bahwa total biaya variabel adalah Rp 1.500.000,00 dan biaya tetap Rp 500.000,00. Jika dari produksi tersebut dihasilkan 200 pack gethuk dengan harga jual Rp 12.000,00, keuntungan yang diperoleh adalah....

a.    Rp 300.000,00

b.    Rp 350.000,00

c.    Rp 400.000,00

d.    Rp 450.000,00

e.    Rp 500.000,00

29.    Proses memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang dengan meningkatkan perluasan usaha serta kualitas dan kuantitas produksi dengan dengan menggerakkan pikiran dan tenaga untuk mencapai tujuan tertentu disebut sebagai....

a.    Pemasaran usaha

b.    Perencanaan usaha

c.    Pengembangan usaha

d.    Produksi suatu usaha

e.    Penjualan suatu usaha

30.     Berikut ini yang tidak termasuk contoh rencana pengembangan usaha modifikasi makanan khas daerah yang dilihat dari sisi produknya adalah....

a.        Mengembangkan variasi rasa makanan khas daerah

b.       Mengembangkan variasi kemasan makanan khas daerah

c.        Mengembangkan variasi bentuk makanan khas daerah

d.       Mengembangkan sasaran segmen pasar remaja

e.        Mengembangkan produk menjadi lebih awet

31.        Pernyataan di bawah ini yang termasuk kelebihan dari promosi periklanan adalah …

a.        Cakupan yang melihat iklan tersebut banyak, karena dapat disiarkan melalui media cetak dan siar.

b.       Pencitraan produk akan lebih baik dengan sales representative yang handal.

c.        Menghindari gangguan dan hambatan jadi calon konsumen bisa fokus pada penjelasan sales representative.

d.       Adanya atensi yang besar dari calon konsumen.

e.        Karena diadakan di tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan dengan mengadakan big sale membuat banyaknya pengunjung dan konsumen meningkat dengan drastis.

32.        Jenis promosi non personal mengenai pelayanan usaha tertentu dengan cara membahas informasi dan berita tentang produk yang dijual. Jenis promosi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti wawancara yang begitu populer di media, hal tersebut merupakan …

a.        Publicity.

b.       Tatap muka.

c.        Periklanan.

d.       Publicity dan periklanan.

e.        Publicity dan tatap muka.

33.   Promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensia agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atas di masa yang akan datang, merupakan pendapat dari …

a.        Sistaningrum

b.       Gitosudarmo

c.        Kotler

d.       Sistaningrum dan Gitosudarmo

e.        Sistaningrum dan Kotler

34.     Hal ini akan membuat aktivitas promosi berjalan efisien. Apakah tujuan promosi tersebut untuk membangun brand awareness, mendongkrak penjualan atau meluncurkan produk baru adalah …

a.        Tujuan promosi

b.       Target pasar.

c.        Pesan

d.       Membuat anggaran promosi

e.        Pilih media promosi

35.     Dengan memahami segmentasi pasar dari produk yang Anda buat, cara branding, pengemasan, dan penyampaian pesan melalui produk juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih efektif. Contohnya jika segmentasi produk dari sebuah perusahaan adalah anak-anak di bawah 5 tahun, maka perusahaan tersebut bisa mengemas produk dengan warna yang lebih mencolok, bisa diubah menjadi mainan, dan bisa dikoleksi agar anak-anak tertarik. Segmentasi yang lebih spesifik untuk menghadapi perilaku konsumen yang bermacam-macam  disebut …

a.        Tujuan promosi

b.       Target pasar.

c.        Pesan.

d.       Membuat anggaran promosi.

e.        Pilih media promosi.

36.   Promosi sangat penting untuk bisnis, karena tanpa promosi penjualan tidak akan maksimal. Kegiatan promosi harus direncanakan dengan baik, karena melakukan promosi juga pastinya akan memerlukan pembiayaan. Jika promosi yang tidak dilakukan dengan baik, tentunya akan berpotensi menyebabkan kerugian. Banyak pelaku usaha yang biasanya melupakan pengukuran efektivitas promosi yang telah dilakukan termasuk dalam menentukan …

a.        Tujuan promosi.

b.       Target pasar.

c.        Pesan.

d.       Anggaran promosi.

e.        Pengukuran efektivitas promosi.

37.    Mempertimbangkan goal (target) yang ingin dicapai, bagaimana mencapainya termasuk dalam menentukan …

a.        Tujuan promosi.

b.       Target pasar.

c.        Pesan.

d.       Anggaran promosi.

e.        Pengukuran efektivitas promosi.

38.   Toko online merupakan salah satu bisnis online yang digunakan untuk memfasilitasi transaksi antara konsumen dan toko online,  sehingga proses transaksi akan dirasa jauh lebih mudah. Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, toko online memiliki popularitas yang semakin tinggi. Hal ini karena transaksi jual beli online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Kapan dan di mana pun transaksi bisa kamu lakukan, syaratnya kamu harus terkoneksi dengan jaringan internet. Maka tak heran jika banyak masyarakat yang lebih memilih untuk berbelanja online dibanding pergi ke toko fisik. Promosi produk yang menggunakan website disebut…

a.        Media elektronik.

b.       Media cetak.

c.        Media internet.

d.       Media produk.

e.        Media pemasaran.

39.        Salah satu strategi yang bisa ditempuh perusahaan jika ingin memiliki posisi yang kuat pada satu segmen saja adalah strategi....

a.        Bauran Pemasaran.

b.       Konsentrasi segmen ganda.

c.        Konsentrasi segmen tunggal.

d.       Memasuki pasar.

e.        Tukar Guling

40.        Pada perjanjian konsinyansi, apa keuntungan yang akan diperoleh pihak consignee?

a.        Barang akan cepat dikenal oleh konsumen.

b.       Harga jual dan syarat penjualan dapat dikendalikan.

c.        Daerah pemasaran akan menjadi semakin luas.

d.       Jaminan akan kembalinya barang tetap terjamin

e.        Menghemat kebutuhan modal kerja dan menghemat biaya karena sebagian biaya ditanggung consignor.

41.   Suatu bentuk perjanjian dimana salah satu pihak yng memiliki barang menyerahkan sejumlah barang kepada pihak lain untuk dijual dengan memberikan komisi tertentu disebut….

a.        Kosinyasi

b.       Lease Purchase

c.        Komisi

d.       Sales Contract

e.        Salesman

42.        Pihak yang menyerahkan barang dalam kosinyasi disebut…

a.        Cosignee

b.       Commision Merchan

c.        Faktor

d.       Consignor

e.        Conduktor

43.        Yang bukan merupakan karakteristik konsinyasi adalah.…

a.        Barang-barang konsinyasi harus dilaporkan sebagai persediaan oleh pengamat.

b.       Pengiriman barang konsinyasi tidak mengakibatkan timbulnya pendapatan dan tidak boleh dipakai sebagai kriteria untuk mengakui pendapatan.

c.        Pihak pengamat sebagai pemilik, tetap bertanggung jawab terhadap semua biaya yang berhubungan dengan barang konsinyasi.

d.       Barang-barang konsinyasi boleh diperhitungkan sebagai persediaan oleh komisioner.

e.        Komisioner dalam batas kemampuannya mempunyai kewajiban untuk menjaga keamanan keselamatan barang konsinyasi yang diterimanya.

44.   Memilih sasaran pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....

a.      Penjualan

b.     Strategi

c.      Tujuan

d.     Sasaran

e.      Pemasaran

45.     Dibawah ini merupakan keuntungan yang akan diperoleh consignor pada perjanjian konsinyasi, kecuali….

a.    Barang akan cepat dikenal oleh konsumen.

b.   Harga jual dan syarat penjualan dapat dikendalikan.

c.    Daerah pemasaran akan menjadi semakin luas.

d.   Jaminan akan kembalinya barang tetap terjamin.

e.    Menghemat kebutuhan modal kerja

46.    Penyerahan barang dari pihak pemilik kepada pihak lain yang bertindak sebagai agen penjual, disertai amanat untuk dijual dengan upah berupa komisi. Sebutan yang sering muncul dalam penjualan konsinyasi merupakan …

a.    Pengamanat

b.   Consignee

c.    Cogsignor

d.   Konsinyasi

e.    Sistem penjualan konsinyasi

47.        Banu memiliki usaha kerajinan topi anyaman yang akan menitipkan produknya ke toko-toko yang berada dekat dengan tempat wisata, Banu melakukan penjualan dengan sistem konsinyasi, maka toko yang dititipkan produk oleh Banu dapat dikatakan sebagai …

a.    Consignee

b.   Consignor

c.    Pemasok

d.   Distributor

e.    Konsumen

48.    Promosi dapat menambah nilai suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen. Promosi dapat memberikan informasi baik tentang barangnya, harganya,ataupun informasi lain yang mempunyai kegunaan kepada konsumen. Tanpa adanya informasi seperti itu orang segan atau tidak akan mengetahui banyak tentang suatu barang. Dengan demikian promosi merupakan suatu alat bagi penjual dan pembeli untuk memberitahu kepada pihak lain tentang kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga kebutuhan dan keinginan tersebut dapat dipengaruhi dengan mengadakan pertukaran yang memuaskan. Perhatikan pernyataan di bawah ini !

a.    Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial.

b.   Memberikan Informasi dan Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan.

c.    Promosi merupakan suatu alat mencapai tujuan.

d.   Membuat produk baru

e.    Menyebarkan alat produk

49.        Sebelum memulai wirausaha konsinyasi, ada baiknya merancang pemasaran agar wirausaha yang akan dijalani sukses. Berikut beberapa rancangan yang dapat dijadikan referensi bagi wirausahawan konsinyasi, antara lain:

a.      Menerapkan promo dan mekanisme kerjasama yang menarik.

b.     Tanpa melakukan riset untuk memilih toko penyalur yang tepat.

c.      Memperkecil jumlah toko penyalur yang akan diajak kerjasama,

d.     Tidak mau manfaatkan momen yang tepat untuk menjual produk,

e.      Melihat produk yang dijual memenuhi selera pasar yang ditu

50.   Transaksi adalah perdagangan nilai-nilai antara kedua belah pihak atau lebih.sebuah transaksi melibatkan beberapa aspek sekurang-kurangnya dua benda yang bernilai, prasyarat disetujui waktu persetujuan dan tempat persetujuan. Agar pertukaran dapat berhasil pemasar menganalisa apa yang diharapkan akan didapat dan diberikan oleh masing masing pihak dari suatu transaksi suatu pertukaran sederhana dapat dipetakan dengan menggambarkan dua pelaku dan keinginan serta penawaran yang ada disekitar mereka proses untuk mendapatkan syarat yang disepakati bersama dinamakan negosiasi, negosiasi mengarah pada perasyaratan persayratan yang disepakati bersama atau sebuah keputusan untuk tidak melakukan transaksi.

a.        Komponen pemasaran

b.       Komponen perusahaan

c.        Komponen penjualan

d.       Arah produk baru

e.        Komponen produk baru

Komentar

Postingan Populer