1. Banyak kisah inspiratif para pengusaha sukses yang bisa kamu
jadikan motivasi dalam berbisnis. Dari kisah tersebut, kamu bisa belajar banyak
hal, khususnya bagaimana para pengusaha itu bisa membangun bisnisnya hingga
terus berkembang. Sayangnya, kebanyakan orang hanya fokus pada cerita
keberhasilannya saja tanpa mencari tahu bagaimana prosesnya. Salah satu proses
yang terbilang penting ketika memulai bisnis yaitu menemukan peluang usaha yang
tepat. Tidak hanya sekedar menemukan, peluang usaha tersebut juga harus
potensial dan bisa direalisasikan. Berbicara tentang peluang usaha,
banyak dari kamu yang mungkin belum tahu apa yang dimaksud dengan peluang
usaha? Nah, untuk membantu kamu memahami lebih dalam pembahasan kali ini,
berikut ini penjelasan pengertian peluang usaha, ciri-ciri, dan bagaimana cara
menemukannya. Dari
bacaan terebut apa yang dimaksud dengan ide usaha ....
a.
rancangan yang tersusun di pikiran
b.
proses yang tersusun di pikiran
c.
Peluang yang tersusun di pikiran
d.
pemahaman yang tersusun di pikiran
e.
motivasi yang tersusun di pikiran
2. Menurut Sri Ayu Ramadhani dalam Modul Peluang Usaha,
pengertian peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang ada dan bisa
dimanfaatkan untuk memperoleh sebuah keuntungan bagi seseorang atau wirausaha. Arif F.
Hadipranata juga berpendapat bahwa peluang usaha adalah risiko yang harus
diambil dan dihadapi dengan mengelola dan mengatur berbagai urusan yang
berhubungan dengan dunia keuangan (financial). Lain lagi dengan Thomas W. Zimmerer,
menurutnya peluang usaha merupakan sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas
dan inovasi, khususnya dalam memecahkan sebuah masalah dengan melihat
kesempatan yang dihadapi setiap hari. berikut adalah ciri-ciri yang bukan peluang usaha.
a. Peluang usaha harus ide yang orisinal dan tidak meniru.
b. Peluang usaha harus bisa mengantisipasi berbagai perubahan
dan persaingan, serta sesuai dengan kebutuhan pasar di masa yang akan datang.
c. Peluang usaha tidak harus sesuai dengan keinginan
pengusaha agar usaha yang dijalankan bisa bertahan lama.
d. Peluang usaha harus didasari rasa yakin dan bisa
mewujudkannya.
e. Peluang usaha harus memiliki tujuan keuntungan, namun sebaik
apa pun peluang tersebut, akan ada risiko di belakangnya. Besar kecilnya
peluang tersebut tergantung seberapa besar risiko yang berani kamu ambil.
3. Bola.com, Jakarta - Ketika
membaca atau mendengar kata administrasi (administration), yang ada dalam pikiran
kita mungkin adalah sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas catat-mencatat. Hal ini tidak
sepenuhnya salah karena aktivitas tersebut merupakan bagian dari kegiatan
administrasi. Administrasi berasal
dari bahasa Latin yang terdiri dari dua kata, ad (intensif) dan ministrare (melayani, membantu, memenuhi). Administrasi
merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau
mengatur semua kegiatan dalam mencapai suatu tujuan. Pengertian
administrasi secara sempit dapat diartikan sebagai bentuk aktivitas yang
meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik,
dan kegiatan lain yang sifatnya teknis ketatausahaan. Sedangkan
pengertian administrasi secara luas adalah semua proses kerja sama antara dua
orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai target dengan memanfaatkan
sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. Jadi, boleh
dibilang bahwa administrasi punya peranan yang sangat krusial di dalam seluruh
aktivitas sebuah organisasi atau perusahaan. Administrasi memiliki beberapa
ciri-ciri, yang
bukan ciri administrasi antara lain:
a.
Adanya
kelompok manusia yang terdiri atas dua orang atau lebih.
b.
Tanpa adanya kerja sama.
c.
Adanya proses
atau usaha.
d.
Adanya sebuah
bimbingan dalam kepemimpinan dan pengawasan.
e.
Dalam
perusahaan atau organisasi terdapat suatu tujuan.
4. Suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan
terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu
mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk
bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang
bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. Dari kalimat tersebut adalah...
a.
Pemasaran
b.
Produsen
c.
Konsumen
d.
Perdagangan
e.
Pasar bebas
5. menganalisa
berbagai indikator inti sebelum memulai usaha, antara lain
adalah menentukan ide yang cocok berdasarkan
analisa. Analisa yang dilakukan adalah Riset Pasar, yakni menyimpulkan berbagai sampel penelitian tentang keadaan berbagai pasar,
seperti demografi penduduk, keadaan wilayah, daya beli calon
konsumen, tingkat persaingan (kompetitor) dan lain-lain. Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha diatas termasuk katagori....
a.
Melakukan
Penelitian
b.
Menyusun Tujuan
Usaha
c.
Membuat Profil
Perusahaan
d.
Membuat Kategori
Perencanaan
e.
Pembentukan orgabisasi
6. Berikut ini
yang merupakan karakteristik makanan khas asli daerah dari Sumatra adalah....
a.
Banyak
menggunakan sayur mentah
b.
Masakan cenderung
manis
c.
Makanan banyak
menggunakan terasi dan petis
d.
Makanannnya
menggunakan banyak cabai hingga rasanya relatif pedas
e.
Bawang putih
menjadi bumbu dominan
7. Makanan khas daerah berikut ini berasal dari
Sulawesi adalah....
a.
Sop konro dan
buras
b.
Rendang dan
pempek
c.
Gudeg dan lumpia
d.
Asinan dan lumpia
e.
Buras dan papeda
8. Makanan khas
daerah berikut ini yang bahan utama pembuatannya dari bahan hewani adalah....
a.
Gudeg dan lumpia
b.
Rendang dan
sop konro
c.
Gudeg dan
dan rendang
d.
Asinan dan papeda
e.
Buras dan papeda
9. Karakteristik bahan pangan hewani yang
membedakan dengan bahan pangan nabati adalah....
a.
Mengandung
protein yang diperlukan oleh tubuh
b.
Mudah rusak
c.
Cenderung tahan
terhadap tekanan
d.
Mengandung
vitamin dan mineral
e.
Merupakan sumber
karbohidrat
10. Alat dapur tradisonal berikut ini terbuat dari bahan tanah liat. Alat
ini dapat memberikan citarasa yang khas
jika digunakan untuk memasak gudheg. Alat yang dimaksud adalah....
a.
Belanga atau
kuali
b.
Kukusan
c.
Tempaian
d.
Kendi
e.
Tempaiyan
11. Rebung merupakan bahan yang
dapat digunakan untuk membuat
makanan khas daerah. Teknik
memasak rebung yang paling tepat untuk menghilangkan aroma menyengat dari
rebung adalah...
a.
mengukus
b.
mentim
c.
memblansir
d.
menyetup
e.
merebus
12. Berikut ini yang termasuk teknik memasak kering adalah....
a.
Menumis
b.
Menyetup
c.
Memblansir
d.
Memanggang
e.
Menggoreng
13. Bahan kemasan makanan khas daerah berikut yang bersifat
ramah lingkungan adalah....
a.
daun kelapa
b.
plastik
c.
sterofoam
d.
alumunium foil
e.
kaca
14. Berikut ini yang tidak termasuk prasyarat pemilihan kemasan makanan
adalah....
a.
bahan kemasan
mampu melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar
b.
bahan kemasan
tidak berbau.
c.
bahan kemasan
memiliki daya tarik terhadap konsumen.
d.
bahan kemasan
mudah didapat
e.
bahan kemasan
dipilih yang paling mahal
15. Ikan asin merupakan salah satu
makanan khas daerah.
Teknik pengawetan ikan asin pada dasarnya menggunakan
prinsip....
a.
Pengeringan dan
penggaraman
b.
Penambahan asam
dan pemanasan
c.
Pemanasan dan
pengeringan
d.
Penambahan asam
dan pengeringan
e.
Penambahan gula
dan pemanasan
16. Dalam
kegiatan usaha, seorang wirausahawan selalu memperhitungkan adanya titik impas
atau Break Even Point (BEP), BEP
adalah ....
a.
titik impas produksi
b.
titik utang produksi
c.
titik pendapatan
d.
titik beban tertinggi
e.
titik bunga tertinggi
17. Berikut
ini adalah manfaat dari perhitungan BEP, kecuali …
a.
mengganti system laporan dengan grafik
yang mudah dipahami
b.
memberikan informasi mengenai berbagai tingkat
volume penjualan
c.
alat perencanaan untuk menghasilkan laba
d.
mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan
e.
menentukan harga jual
18. Komponen
penghitungan dasar BEP dimana komponen ini merupakan biaya per unit yang
sifatnya dinamis tergantung dari tindakan volume produksinya disebut …
a.
Selling price
b. Fixed Cost
c.
Variabel Cost
d. Total Revenue
e.
Profit
19. Biaya
penyusutan alat merupakan prosedur perhitungan nilai aset selama masa
penggunaannya. Biaya penyusutan alat termasuk jenis biaya …
a.
Tetap
b.
Variabel
c.
administrasi
d.
pemasaran
e.
produksi
20. Berikut
ini yang termasuk biaya variabel adalah…
a.
biaya tenaga kerja
b.
biaya listrik
c.
biaya bahan baku
d.
investasi
alat
e.
biaya sewa Gedung
21. Hal - hal
yang harus diperhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, kecuali …
a.
Biaya
b.
pesaing
c.
pelanggan
d.
kemasan
e.
kemanfaatan untuk usaha
22. Sebuah
restoran memproduksi 40 bungkus rendang daging sapi untuk satu kali proses
produksi. Rendang dijual dengan harga Rp. 45.000,-/bungkus. Biaya variabel
perbungkus rendang adalah Rp. 36.000,-, biaya tetapnya Rp 161.000,-. BEP dalam
rupiah dari data tersebut adalah …
a.
Rp. 805.000,-
b.
Rp. 807.500,-
c.
Rp. 800.000,-
d.
Rp. 805.700,-
e.
Rp. 850.000,-
23. Dalam
usaha makanan daerah Pempek, biaya tetap yang harus dikeluarkan adalah
Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar Rp.3.000,- per bungkus. Pempek
tersebut dijual dengan harga Rp. 5.000,- perbungkus, maka besarnya BEP dalam
unit.
a.
125
b.
130
c.
135
d.
140
e.
145
24. Dalam
grafik BEP saat garis total revenue di atas garis total cost, maka perusahaan
mengalami ....
a.
rugi
b.
laba
c.
titik impas
d.
kebangkrutan
e.
keseimbangan
25. Sebuah
catering memproduksi klepon sebanyak 100 bungkus untuk satu kali roduksi, biaya
tetap yang harus dikeluarkan adalah Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar
Rp.1.500,- per bungkus. Klepon tersebut dijual dengan harga Rp. 2.000,- perbungkus,
maka berapa buah klepon yang harus terjual untuk mendapatkan laba sebesar Rp.50.000,-?
a.
200
b.
210
c.
215
d.
225
e.
250
26. Suatu kegiatan yang digunakan untuk mengenalkan produknya kepada
konsumen adalah pengertian dari ...
a.
Brosur
b.
Reklame
c.
Promosi
d.
Publisitas
e.
Periklanan
27. Berikut ini yang bukan merupakan komponen utama dalam promosi adalah
...
a.
Sales Promotion
b.
Personal Selling
c.
Advertising
d.
Marketing
e.
Publicity
28. Dalam sebuah promosi produk pengolahan makanan asli daerah (orisinil)
dari bahan-bahan pangan nabati dan jewani, hal utama yang harus dilakukan
adalah ...
a.
Memberikan harga
tingg
b.
Menghalalkan
segara cara
c.
Menonjolkan
kelebihan produk
d.
Menampilkan
produk purwarupa
e.
Menceritakan
tentang proses produk
29. Strategi promosi pemasaran (penjualan) merupakan suatu proses
perencanaan dari suatu aktivitas dari perusahaan, yang bukan termasuk tujuan
promosi adalah ...
a.
Merangsang
pembelian kembali, meraih para konsumen baru, memberi pengaruh terhadap
pembelian produk, serta menyaingi strategi promosi penjualan yang dilakukan
pesaing
b.
Memusatkan pada
pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam rangka peningkatan volume
penjualan
c.
Adanya
peningkatan permintaan dari client atau konsumen akan produk
d.
Memberikan kerugian
yang besar untuk perusahaan
e.
Peningkatan
performa kerja perusahaan
30. Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan ...
a.
Rencana penjualan
b.
Media promosi
c.
Brainstorming
d.
Teknik khusus
e.
Pendapat konsumen
31. Ahmad memiliki usaha pisang ijo makasar. Dalam memasarkan produknya,
Ahmad menggunakan teknik memberikan potongan langsung di tempat. Teknik yang
digunakan Ahmad ini dikenal dengan nama ...
a.
Coupons
b.
Sampling and
trial offers
c.
Premium and
advertising specialities
d.
Contest and sweeptakes
e.
Price-off Deals
32. Strategi pemasaran seperti aroma parfum yang diberikan di gambar
majalah merupakan salah satu teknik dengan memberikan contoh produk yang
dikenal dengan nama ...
a.
On-Package
sampling
b.
Newspaper
sampling
c.
In-store sampling
d.
Mail sampling
e.
Door-to-door
sampling
33. Salah satu jenis sarana promosi dengan tujuan menarik perhatian
konsumen agar memberli produk yang ditawarkan dengan cara memberikan diskon
adalah ....
a.
Periklanan
b.
Advertising
c.
Publisitas
d.
Penjualan pribadi
e.
Promosi penjualan
34. Di era internet sekarang ini, banyak penjual yang menjual produk secara
online. Berikut yang merupakan kelemahan promosi secara online adalah ...
a.
Biaya yang murah
b.
Menjadi manager
di bisnis sendiri
c.
Media sosial
mudah diakses
d.
Kepercayaan pelanggan
tinggi
e.
Hemat waktu dan
uang
35. Dalam promosi usahan makanan asli daerah pemakaian label adalah
informasi yang dibuat pada kemasan biasanya berisikan tentang berikur, kecuali
....
a.
Infromasi produk
yang sebenarnya
b.
Foto atau gambar
produk
c.
Logo perusahaan
d.
Alamat produsen
e.
Gambar produsen
36. Suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan
pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran,
penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran. Pengertian
tersebut menurut …
a. Phillip Kotler
b. Kotler dan amstrong
c. Kurtz
d. Tjiptono
e. Stanton
37. Alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan
mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang
dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target
tersebut, hal ini merupakan pengertian menurut ...
a. Phillip Kotler
b. Kotler dan amstrong
c. Kurtz
d. Tjiptono
e. Stanton
38. Upaya memasarkan suatu produk kerajinan non benda, dengan menggunakan pola
rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.
a. Strategi promosi
b. Strategi pemasaran
c. pstrategi
d. pemasaran
e. promosi
39. Persaingan merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. ,Pengertian
persaingan dalam bahasa inggris adalah …
a. Competition
b. Competitor
c. Compete
d. Collegue
e. Corporate
40. Sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan
untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan
produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.
a. Phillip Kotler
b. Kotler dan amstrong
c. Kurtz
d. Tjiptono
e. Stanton
41. Kebudayaan non benda adalah
a. Kebudayaan yang mengacu pada hasil karya bersifat abstrak, bukan
berupabenda, dan diturunkan antar generasi
b. Kebudayaan yang berdasarkan atas hasil karya dalam bentuk material konkrit/
benda nyata
c. Kebudayaan hasil dari akulturasi suku
d. Kebudayaan yang mengacu pada hasil karya seniman tradisional jaman dahulu
e. Kebudayaan yang berdasarkan atas warisan leluhur yang dilestarikan
42. Sistem penjualan langsung adalah....
a. Doble multi-level marketing
b. Triangle multi-level marketing
c. Single multi-level marketing
d. Multiply level marketing
e. Increasing multi-level marketing
43. Perusahaan yang memiliki usaha di bidang penjualan langsung wajib memiliki....
a. Surat ijin gangguan
b. Surat ijin perdagangan usaha
c. Surat ijin mendirikan bangunan
d. Surat ijin usaha penjualan langsung
e. Surat ijin tempat usaha
44. Memilih pelanggan sasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya,
serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi
fungsi perencanaan manajemen dari ....
a. Promosi
b. Strategi
c. Tujuan
d. Sasaran
e. Rencana
45. Salah satu masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program
pemasaran adalah ....
a. Terbatasnya jumlah pegawai yang kompeten
b. Bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran
pemasaran
c. Mengidentifikasi target penjualan pesaing
d. Tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk perusahaan
e. Penjualan produk murah
46. Jika Anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba
maka anda tergolong dalam kelompok....
a. Pasar internasional
b. Pasar bisnis
c. Pasar penjual
d. Pasar pemerintah
e. Pasar tradisional
47. Ukuran perusahaan yang digunakan dan pola pertumbuhan adalah faktor-faktor
yang digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....
a. Pasar konsumen
b. Produk
c. Harga
d. Pasar bisnis
e. Promosi
48. Salah satu persyaratan atau faktor yang harus dipertimbangkan untuk
menunjang upaya mensegmentasikan pasar secara efektif adalah ....
a. Bahasa yang digunakan
b. Segmen pasar yang cukup luas
c. Pola pertumbuhan
d. Jenis industri
e. Segmen konsumen
49. Konsumen mempunyai preferensi yang sama, baik kualitas maupun harga adalah
ciri preferensi .....
a. Homogen
b. Menyebar
c. Mengelompok
d. Homogenitas pasar
e. Homogen dan menyebar
50. Aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang
dan jasa yang dibeli adalah definisi ....
a. Perilaku pembelian pelanggan
b. Perilaku sosial pembeli
c. Perilaku konsumen
d. Perilaku pasar
e. Perilaku pasar dan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar