CONTOH SOAL PAS 1 KELAS 11 MAPEL PKWU (PENGOLAHAN)

 

1. Banyak kisah inspiratif para pengusaha sukses yang bisa kamu jadikan motivasi dalam berbisnis. Dari kisah tersebut, kamu bisa belajar banyak hal, khususnya bagaimana para pengusaha itu bisa membangun bisnisnya hingga terus berkembang. Sayangnya, kebanyakan orang hanya fokus pada cerita keberhasilannya saja tanpa mencari tahu bagaimana prosesnya. Salah satu proses yang terbilang penting ketika memulai bisnis yaitu menemukan peluang usaha yang tepat. Tidak hanya sekedar menemukan, peluang usaha tersebut juga harus potensial dan bisa direalisasikan. Berbicara tentang peluang usaha, banyak dari kamu yang mungkin belum tahu apa yang dimaksud dengan peluang usaha? Nah, untuk membantu kamu memahami lebih dalam pembahasan kali ini, berikut ini penjelasan pengertian peluang usaha, ciri-ciri, dan bagaimana cara menemukannya. Dari bacaan terebut apa yang dimaksud dengan ide usaha ....

a.       rancangan yang tersusun di pikiran

b.       proses yang tersusun di pikiran

c.       Peluang yang tersusun di pikiran

d.       pemahaman yang tersusun di pikiran

e.       motivasi yang tersusun di pikiran

2. Menurut Sri Ayu Ramadhani dalam Modul Peluang Usaha, pengertian peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang ada dan bisa dimanfaatkan untuk memperoleh sebuah keuntungan bagi seseorang atau wirausaha. Arif F. Hadipranata juga berpendapat bahwa peluang usaha adalah risiko yang harus diambil dan dihadapi dengan mengelola dan mengatur berbagai urusan yang berhubungan dengan dunia keuangan (financial). Lain lagi dengan Thomas W. Zimmerer, menurutnya peluang usaha merupakan sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi, khususnya dalam memecahkan sebuah masalah dengan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari. berikut adalah ciri-ciri yang bukan peluang usaha.

a.   Peluang usaha harus ide yang orisinal dan tidak meniru.

b.   Peluang usaha harus bisa mengantisipasi berbagai perubahan dan persaingan, serta sesuai dengan kebutuhan pasar di masa yang akan datang.

c.   Peluang usaha tidak harus sesuai dengan keinginan pengusaha agar usaha yang dijalankan bisa bertahan lama.

d.   Peluang usaha harus didasari rasa yakin dan bisa mewujudkannya.

e.   Peluang usaha harus memiliki tujuan keuntungan, namun sebaik apa pun peluang tersebut, akan ada risiko di belakangnya. Besar kecilnya peluang tersebut tergantung seberapa besar risiko yang berani kamu ambil.

3. Bola.com, Jakarta - Ketika membaca atau mendengar kata administrasi (administration), yang ada dalam pikiran kita mungkin adalah sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas catat-mencatat. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena aktivitas tersebut merupakan bagian dari kegiatan administrasi. Administrasi berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari dua kata, ad (intensif) dan ministrare (melayani, membantu, memenuhi). Administrasi merujuk pada kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan dalam mencapai suatu tujuan. Pengertian administrasi secara sempit dapat diartikan sebagai bentuk aktivitas yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan kegiatan lain yang sifatnya teknis ketatausahaan. Sedangkan pengertian administrasi secara luas adalah semua proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai target dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna. Jadi, boleh dibilang bahwa administrasi punya peranan yang sangat krusial di dalam seluruh aktivitas sebuah organisasi atau perusahaan. Administrasi memiliki beberapa ciri-ciri, yang bukan ciri administrasi antara lain:

a.       Adanya kelompok manusia yang terdiri atas dua orang atau lebih.

b.       Tanpa adanya kerja sama.

c.       Adanya proses atau usaha.

d.       Adanya sebuah bimbingan dalam kepemimpinan dan pengawasan.

e.       Dalam perusahaan atau organisasi terdapat suatu tujuan.

4.    Suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum. Dari kalimat tersebut adalah...

a.       Pemasaran

b.       Produsen

c.       Konsumen

d.       Perdagangan

e.       Pasar bebas

5.    menganalisa berbagai indikator inti sebelum memulai usaha, antara lain adalah menentukan ide yang cocok berdasarkan analisa. Analisa yang dilakukan adalah Riset Pasar, yakni menyimpulkan berbagai sampel penelitian tentang keadaan berbagai pasar, seperti demografi penduduk, keadaan wilayah, daya beli calon konsumen, tingkat persaingan (kompetitor) dan lain-lain. Langkah Penyusunan Perencanaan Usaha diatas termasuk katagori....

a.       Melakukan Penelitian

b.       Menyusun Tujuan Usaha

c.       Membuat Profil Perusahaan

d.       Membuat Kategori Perencanaan

e.       Pembentukan orgabisasi

6.    Berikut ini yang merupakan karakteristik makanan khas asli daerah dari Sumatra adalah....

a.   Banyak menggunakan sayur mentah

b.   Masakan cenderung manis

c.   Makanan banyak menggunakan terasi dan petis

d.   Makanannnya menggunakan banyak cabai hingga rasanya relatif pedas

e.   Bawang putih menjadi bumbu dominan

7.    Makanan khas daerah berikut ini berasal dari Sulawesi adalah....

a.        Sop konro dan buras

b.       Rendang dan pempek

c.        Gudeg dan lumpia

d.       Asinan dan lumpia

e.        Buras dan papeda

8.    Makanan khas daerah berikut ini yang bahan utama pembuatannya dari bahan hewani adalah....

a.        Gudeg dan lumpia

b.       Rendang  dan  sop konro

c.        Gudeg  dan  dan rendang

d.       Asinan dan papeda

e.        Buras dan papeda

9.    Karakteristik bahan pangan hewani yang membedakan dengan bahan pangan nabati adalah....

a.        Mengandung protein yang diperlukan oleh tubuh

b.       Mudah rusak

c.        Cenderung tahan terhadap tekanan

d.       Mengandung vitamin dan mineral

e.        Merupakan sumber karbohidrat

10. Alat dapur tradisonal berikut ini terbuat dari bahan tanah liat. Alat ini dapat  memberikan citarasa yang khas jika digunakan untuk memasak gudheg. Alat yang dimaksud adalah....

a.        Belanga atau kuali

b.       Kukusan

c.        Tempaian

d.       Kendi

e.        Tempaiyan

11.  Rebung merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat  makanan  khas daerah. Teknik memasak rebung yang paling tepat untuk menghilangkan aroma menyengat dari rebung adalah...

a.        mengukus

b.       mentim

c.        memblansir

d.       menyetup

e.        merebus

12. Berikut ini yang termasuk teknik memasak kering adalah....

a.        Menumis

b.       Menyetup

c.        Memblansir

d.       Memanggang

e.        Menggoreng

13. Bahan kemasan makanan khas daerah berikut yang  bersifat  ramah  lingkungan adalah....

a.        daun kelapa

b.       plastik

c.        sterofoam

d.       alumunium foil

e.        kaca

14. Berikut ini yang tidak termasuk prasyarat pemilihan kemasan makanan adalah....

a.        bahan kemasan mampu melindungi isinya dari berbagai risiko dari luar

b.       bahan kemasan tidak berbau.

c.        bahan kemasan memiliki daya tarik terhadap konsumen.

d.       bahan kemasan mudah didapat

e.        bahan kemasan dipilih yang paling mahal

15. Ikan asin merupakan salah satu  makanan  khas  daerah.  Teknik  pengawetan  ikan asin pada dasarnya menggunakan prinsip....

a.        Pengeringan dan penggaraman

b.       Penambahan asam dan pemanasan

c.        Pemanasan dan pengeringan

d.       Penambahan asam dan pengeringan

e.        Penambahan gula dan pemanasan

16. Dalam kegiatan usaha, seorang wirausahawan selalu memperhitungkan adanya titik impas atau Break Even Point (BEP), BEP adalah ....

a.        titik impas produksi

b.       titik utang produksi

c.        titik pendapatan

d.       titik beban tertinggi

e.        titik bunga tertinggi

17. Berikut ini adalah manfaat dari perhitungan BEP, kecuali

a.        mengganti system laporan dengan grafik yang mudah dipahami

b.       memberikan informasi mengenai berbagai tingkat volume penjualan

c.        alat perencanaan untuk menghasilkan laba

d.       mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan

e.        menentukan harga jual

18. Komponen penghitungan dasar BEP dimana komponen ini merupakan biaya per unit yang sifatnya dinamis tergantung dari tindakan volume produksinya disebut

a.        Selling price

b.       Fixed Cost

c.        Variabel Cost

d.       Total Revenue

e.        Profit

19. Biaya penyusutan alat merupakan prosedur perhitungan nilai aset selama masa penggunaannya. Biaya penyusutan alat termasuk jenis biaya

a.        Tetap

b.       Variabel

c.        administrasi

d.       pemasaran

e.        produksi

20. Berikut ini yang termasuk biaya variabel adalah…

a.        biaya tenaga kerja

b.       biaya listrik

c.        biaya bahan baku

d.       investasi alat

e.        biaya sewa Gedung

21. Hal - hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan harga jual suatu produk, kecuali

a.        Biaya

b.       pesaing

c.        pelanggan

d.       kemasan

e.        kemanfaatan untuk usaha

22. Sebuah restoran memproduksi 40 bungkus rendang daging sapi untuk satu kali proses produksi. Rendang dijual dengan harga Rp. 45.000,-/bungkus. Biaya variabel perbungkus rendang adalah Rp. 36.000,-, biaya tetapnya Rp 161.000,-. BEP dalam rupiah dari data tersebut adalah …

a.        Rp. 805.000,-

b.       Rp. 807.500,-

c.        Rp. 800.000,-

d.       Rp. 805.700,-

e.        Rp. 850.000,-

23. Dalam usaha makanan daerah Pempek, biaya tetap yang harus dikeluarkan adalah Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar Rp.3.000,- per bungkus. Pempek tersebut dijual dengan harga Rp. 5.000,- perbungkus, maka besarnya BEP dalam unit.

a.        125

b.       130

c.        135

d.       140

e.        145

24. Dalam grafik BEP saat garis total revenue di atas garis total cost, maka perusahaan mengalami ....

a.        rugi

b.       laba

c.        titik impas

d.       kebangkrutan

e.        keseimbangan

25. Sebuah catering memproduksi klepon sebanyak 100 bungkus untuk satu kali roduksi, biaya tetap yang harus dikeluarkan adalah Rp.250.000,- dan biaya variabelnya sebesar Rp.1.500,- per bungkus. Klepon tersebut dijual dengan harga Rp. 2.000,- perbungkus, maka berapa buah klepon yang harus terjual untuk mendapatkan laba sebesar Rp.50.000,-?

a.        200

b.       210

c.        215

d.       225

e.        250

26. Suatu kegiatan yang digunakan untuk mengenalkan produknya kepada konsumen adalah pengertian dari ...

a.        Brosur

b.       Reklame

c.        Promosi

d.       Publisitas

e.        Periklanan

27. Berikut ini yang bukan merupakan komponen utama dalam promosi adalah ...

a.        Sales Promotion

b.       Personal Selling

c.        Advertising

d.       Marketing

e.        Publicity

28. Dalam sebuah promosi produk pengolahan makanan asli daerah (orisinil) dari bahan-bahan pangan nabati dan jewani, hal utama yang harus dilakukan adalah ...

a.        Memberikan harga tingg

b.       Menghalalkan segara cara

c.        Menonjolkan kelebihan produk

d.       Menampilkan produk purwarupa

e.        Menceritakan tentang proses produk

29. Strategi promosi pemasaran (penjualan) merupakan suatu proses perencanaan dari suatu aktivitas dari perusahaan, yang bukan termasuk tujuan promosi adalah ... 

a.        Merangsang pembelian kembali, meraih para konsumen baru, memberi pengaruh terhadap pembelian produk, serta menyaingi strategi promosi penjualan yang dilakukan pesaing

b.       Memusatkan pada pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dalam rangka peningkatan volume penjualan

c.        Adanya peningkatan permintaan dari client atau konsumen akan produk

d.       Memberikan kerugian yang besar untuk perusahaan

e.        Peningkatan performa kerja perusahaan

30. Strategi promosi langsung dapat dilakukan dengan menggunakan ...

a.        Rencana penjualan

b.       Media promosi

c.        Brainstorming

d.       Teknik khusus

e.        Pendapat konsumen

31. Ahmad memiliki usaha pisang ijo makasar. Dalam memasarkan produknya, Ahmad menggunakan teknik memberikan potongan langsung di tempat. Teknik yang digunakan Ahmad ini dikenal dengan nama ...

a.        Coupons

b.       Sampling and trial offers

c.        Premium and advertising specialities

d.       Contest and sweeptakes

e.        Price-off Deals

32. Strategi pemasaran seperti aroma parfum yang diberikan di gambar majalah merupakan salah satu teknik dengan memberikan contoh produk yang dikenal dengan nama ...

a.        On-Package sampling

b.       Newspaper sampling

c.        In-store sampling

d.       Mail sampling

e.        Door-to-door sampling

33. Salah satu jenis sarana promosi dengan tujuan menarik perhatian konsumen agar memberli produk yang ditawarkan dengan cara memberikan diskon adalah ....

a.        Periklanan

b.       Advertising

c.        Publisitas

d.       Penjualan pribadi

e.        Promosi penjualan

34. Di era internet sekarang ini, banyak penjual yang menjual produk secara online. Berikut yang merupakan kelemahan promosi secara online adalah ...

a.        Biaya yang murah

b.       Menjadi manager di bisnis sendiri

c.        Media sosial mudah diakses

d.       Kepercayaan pelanggan tinggi

e.        Hemat waktu dan uang

35. Dalam promosi usahan makanan asli daerah pemakaian label adalah informasi yang dibuat pada kemasan biasanya berisikan tentang berikur, kecuali ....

a.        Infromasi produk yang sebenarnya

b.       Foto atau gambar produk

c.        Logo perusahaan

d.       Alamat produsen

e.        Gambar produsen

36. Suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran. Pengertian tersebut menurut …

a.       Phillip Kotler

b.       Kotler  dan amstrong

c.       Kurtz

d.       Tjiptono

e.       Stanton

37. Alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut, hal ini merupakan pengertian menurut ...

a.       Phillip Kotler

b.       Kotler  dan amstrong

c.       Kurtz

d.       Tjiptono

e.       Stanton

38.  Upaya memasarkan suatu produk kerajinan non benda, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

a.       Strategi promosi

b.       Strategi pemasaran

c.       pstrategi

d.       pemasaran

e.       promosi

39. Persaingan merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis. ,Pengertian persaingan dalam bahasa inggris adalah …

a.        Competition

b.       Competitor

c.       Compete

d.       Collegue

e.        Corporate

40. Sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen.

a.       Phillip Kotler

b.       Kotler  dan amstrong

c.       Kurtz

d.       Tjiptono

e.       Stanton 

41. Kebudayaan non benda adalah

a.       Kebudayaan yang mengacu pada hasil karya bersifat abstrak, bukan berupabenda, dan diturunkan antar generasi

b.       Kebudayaan yang berdasarkan atas hasil karya dalam bentuk material konkrit/ benda nyata

c.       Kebudayaan hasil dari akulturasi suku

d.       Kebudayaan yang mengacu pada hasil karya seniman tradisional jaman dahulu

e.       Kebudayaan yang berdasarkan atas warisan leluhur yang dilestarikan

42. Sistem penjualan langsung adalah....

a.       Doble multi-level marketing

b.       Triangle multi-level marketing

c.       Single multi-level marketing

d.       Multiply level marketing

e.       Increasing multi-level marketing

43. Perusahaan yang memiliki usaha di bidang penjualan langsung wajib memiliki....

a.       Surat ijin gangguan

b.       Surat ijin perdagangan usaha

c.       Surat ijin mendirikan bangunan

d.       Surat ijin usaha penjualan langsung

e.       Surat ijin tempat usaha

44. Memilih pelanggan sasaran, mengidentifikasi kebutuhan dan keinginannya, serta menetapkan bauran pemasaran yang sesuai merupakan contoh implementasi fungsi perencanaan manajemen dari ....

a.       Promosi

b.       Strategi

c.       Tujuan

d.       Sasaran

e.       Rencana

45.  Salah satu masalah pokok yang digunakan untuk mengembangkan program pemasaran adalah ....

a.       Terbatasnya jumlah pegawai yang kompeten

b.       Bagaimana perusahaan mengalokasikan anggaran pada masing-masing alat bauran pemasaran

c.       Mengidentifikasi target penjualan pesaing

d.       Tingkat kesadaran masyarakat terhadap produk perusahaan

e.       Penjualan produk murah

46. Jika Anda membeli barang dan jasa untuk dijual kembali guna memperoleh laba maka  anda tergolong dalam kelompok....

a.       Pasar internasional

b.       Pasar bisnis

c.       Pasar penjual

d.       Pasar pemerintah

e.       Pasar tradisional

47. Ukuran perusahaan yang digunakan dan pola pertumbuhan adalah faktor-faktor yang digunakan perusahaan untuk mensegmentasikan ....

a.       Pasar konsumen

b.       Produk

c.       Harga

d.       Pasar bisnis

e.       Promosi

48. Salah satu persyaratan atau faktor yang harus dipertimbangkan untuk menunjang upaya mensegmentasikan pasar secara efektif adalah ....

a.       Bahasa yang digunakan

b.       Segmen pasar yang cukup luas

c.       Pola pertumbuhan

d.       Jenis industri

e.       Segmen konsumen

49. Konsumen mempunyai preferensi yang sama, baik kualitas maupun harga adalah ciri preferensi .....

a.       Homogen

b.       Menyebar

c.       Mengelompok

d.       Homogenitas pasar

e.       Homogen dan menyebar

50. Aktivitas mental dan fisik seseorang yang secara nyata menggunakan barang dan jasa yang dibeli adalah definisi ....

a.       Perilaku pembelian pelanggan

b.       Perilaku sosial pembeli

c.       Perilaku konsumen

d.       Perilaku pasar

e.       Perilaku pasar dan konsumen

Komentar

Postingan Populer